Mengenal Fitur Audio Spasial Clubhouse, Apa itu?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 57 2463683 mengenal-fitur-audio-spasial-clubhouse-apa-itu-HpK2YaDDhD.jpg Clubhouse (Foto: Itech post)

RUPANYA Clubhouse baru saja meluncurkan fitur baru bernama Audio Spasial. Lewat fitur ini, aplikasi suara tersebut menghadirkan pengalaman mendengarkan audio yang terasa lebih hidup dan dekat, sehingga para pengguna seolah berada dalam percakapan langsung.

Fitur ini meniru cara manusia menangkap dan memproses suara ketika berada di ruang yang sama. Jadi, Clubhouse mengatur jarak masing-masing speaker di headphone bluetooth, earphone, maupun sistem stereo dalam mobil.

 Club House

Selain itu, sumber musik/stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik/stereo itu sendiri.

Dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (31/8/2021), Clubhouse mengatakan bahwa fitur Audio Spasial ini akan tersedia untuk untuk para pengguna iOS dan secepatnya akan dapat dirasakan oleh para pengguna Android.

Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, langkah pertama yang dilakukan software Clubhouse adalah menetapkan secara merata posisi setiap pembicara dalam sebuah room agar pengalaman yang dihasilkan lebih optimal.

Kemudian software ini mengaktifkan HRTF dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara agar suara dari pembicara terdengar seakan-akan data dari satu posisi spesifik.

Selain dalam perbincangan, software ini juga dapat diaplikasikan ke musik untuk memberikan pengalaman dengan efek stereo.

Kehadiran fitur audio spasial ini pun disebut dapat membuka lebih banyak peluang bagi kreator untuk berkreasi atau bereksperimen dengan kekuatan audio.

Selain ikon baru di aplikasi, Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah wadah mendukung kesuksesan para kreator.

Adanya wadah ini, para kreator bisa mendapatkan informasi seputar Clubhouse, termasuk tips merencanakan dan membuat klub, termasuk topik yang menarik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini