Mau Pakai Instagram Terus? Pengguna Harus Tambahkan Tanggal Lahir

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 57 2463914 mau-pakai-instagram-terus-pengguna-harus-tambahkan-tanggal-lahir-SxXJxJBecx.jpg Instagram (Foto: Unsplash)

SEJAK tahun 2019, Instagram mulai mengharuskan pengguna baru untuk menambahkan tanggal lahir mereka ketika membuat akun. Tetapi bagi pengguna yang telah memiliki akun lebih lama, dapat menggunakan Instagram tanpa memberikan info tersebut.

Namun, sekarang tampaknya akan menjadi semakin sulit. Berdasarkan keterangan resminya, ketika pengguna membuka aplikasi, Instagram akan menanyakan tanggal ulang tahunnya, jika pengguna belum menambahkannya di profil mereka.

 Instagram

Pengguna memang dapat mengabaikannya, tetapi Instagram menegaskan hanya sampai waktu tertentu. Sebah, jika ingin terus menggunakan Instagram, pengguna tetap harus menambahkan informasi tanggal lahirnya.

Instagram juga mengatakan, jika tanggal lahir itu tidak ada, aplikasi akan memintanya sebelum menampilkan postingan yang ditandai sebagai sensitif. Langkah ini sebenarnya mengacaukan aturan konten sensitif selama bertahun-tahun. Tetapi sekarang jika ingin melihatnya, cukup menambahkan hari ulang tahun di Instagram.

Melansir dari The Verge, Selasa (31/8/2021), perusahaan menjelaskan bahwa kebijakan ini merupakan bagian dari upaya menjadikan platformnya lebih kondusif bagi anal-anak muda.

Pada Mei lalu, Instagram juga secara resmi mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan Instagram versi anak-anak di bawah 13 tahun.

Dengan begitu, orang dewasa tidak dapat mengirimkan DM kepada anak di bawah umur yang tidak mengikuti mereka, atau dengan membuat akun pribadi untuk orang di bawah 16 tahun secara default.

Halaman dukungan ulang tahun Instagram juga mengatakan, kebijakan ini digunakan untuk memoderasi iklan. Misalnya, anak di bawah 21 tahun tidak akan mendapatkan iklan alkohol.

Perusahaan mengatakan, di masa depan Instagram akan menggunakan AI pendeteksi usia untuk mengendus orang-orang yang berbohong tentang usia mereka.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini