Penasaran Isi Pesan WhatsApp yang Dihapus, Begini Cara Melihatnya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 57 2464362 penasaran-isi-pesan-whatsapp-yang-dihapus-begini-cara-melihatnya-jTQf2ncsie.jpg WhatsApp (Foto: Metro)

SELAMA ini WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer. Bahkan jumlah pengunduhnya menjadi yang terbanyak di seluruh dunia, dibandingkan aplikasi serupa lain.

Penggunaan WhatsApp memang memudahkan proses komunikasi jarak jauh. Tak hanya mengirim pesan berupa teks, pengguna juga mengiri pesan suara, gambar, video, dokumen, dan lainnya.

 WhatsApp

Bahkan, seperti diketahui, WhatsApp juga bisa digunakan untuk panggilan telepon dan panggilan video tanpa harus mengurangi pulsa yang ada.

WhatsApp kini juga dilengkapi dengan fitur penghapus pesan. Jadi, pengirim bisa menghapus pesannya yang belum lama dikirim ke orang lain atau grup, jika dirasa kurang pas atau dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Namun, penerima pesan tentu dibuat penasaran dengan pesan yang dihapus. Atau bisa juga situasinya pengguna telah menghapus sebuah pesan dan ingin membaca pesan itu kembali.

WhatsApp memang tak menyediakan fitur untuk mengembalikan pesan. Tetapi pengguna bisa menggunakan cara-cara berikut ini, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (1/9/2021).

WhatsApp secara otomatis mencadangkan isi percakapan kemudian disimpan ke memori ponsel atau Google Drive. Cara ini bisa mengembalikan pesan yang hilang.

Pengguna bisa juga dengan uninstal kemudian instal kembali WhatsApp. Tenang, uninstal WhatsApp bukan berarti menghapus akun pengguna.

Setelah terpasang kembali, saat log in WhatsApp akan memberikan opsi Restore. Ketuk opsi tersebut agar semua percakapan kembali.

Selain itu, bisa memanfaatkan fitur ekspor pesan yang ada di WhatsApp. Caranya masuk ke Setting > Chats > Chat History > Export Chat. Pilih kontak yang ingin diekspor untuk dicadangkan ke Google Drive atau Email.

Atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya bernama Nova. Untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus, aplikasi Nova memiliki batasan waktu yang kurang dari 68 menit.

Setelah diunduh dan terinstal, buka aplikasi Nova dan pilih menu Pengaturan, lalu ketuk pada Notification Log. Langkah tersebut akan membuat pintasan Notification Log pada layar beranda. Selanjutnya, bisa melihat isi pesan yang dihapus melalui pintasan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini