5 Fakta Menarik soal Hari Tanpa Bayangan, Simak Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 06 September 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 56 2466904 5-fakta-menarik-soal-hari-tanpa-bayangan-simak-yuk-YvCSpWqJyO.jpg Hari Tanpa Bayangan (Foto: Inuth)

HARI ini tepatnya 6 September 2021, terjadi fenomena Hari Tanpa Bayangan di Tanah Air. Fenomena astronomi ini berlangsung sampai 21 Oktober 2021. Setiap hari biasanya manusia maupun benda-benda selalu memiliki bayangan.

Namun saat Hari Tanpa Bayangan, maka tidak tampak bayangan tersebut. Berikut beberapa fakta menarik soal Hari Tanpa Bayangan. Apa saja?

 Matahari

1. Berhubungan dengan gerak semu Matahari

Sejatinya Hari Tanpa Bayangan berhubungan dengan gerak semu tahunan Matahari. Saat terjadi gerak semu ini, Matahari tampak bergerak ke arah utara dan selatan Bumi.

Gerakan semu tahunan ini menyebabkan perubahan iklim di Bumi. Ketika Matahari berada di utara, maka Bumi bagian selatan akan mengalami musim dingin. Sebaliknya juga demikian.

2. Manusia tidak bisa melihat bayangannya

Ketika fenomena ini terjadi sinar matahari akan jatuh persis tegak lurus pada benda dan manusia, sehingga manusia tidak dapat mengamati bayangannya sendiri.

3. Terjadi di berbagai wilayah di Indonesia

Kali ini Hari Tanpa Bayangan terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti di Sabang 6 September 2021 pada pukul 12.36 WIB, Banda Aceh 7 September, pukul 12.36 WIB, Medan 13 September, pukul 12.21 WIB, Tanjungpinang; 20 September, pukul 11.55 WIB. Selain itu juga terjadi di Indonesia Bagian Tengah dan Timur.

4. Suhu jadi lebih panas

Bagi wilayah di garis khatulistiwa, peristiwa hari tanpa bayangan ini sering dikaitkan dengan kenaikan suhu maksimal di Indonesia yang mencapai 32 hingga 36 derajat Celcius. Akan tetapi, peristiwa ini berbeda dari HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara luar biasa dan bertahan lama.

5. Dikenal sebagai Zero Shadow Day

Pada dunia internasional fenomena ini disebut Zero Shadow Day yang terjadi setahun dua kali. Kota yang mengalami peristiwa ini antara lain Sydney, Cairo, Roma, Hongkong, dan Los Angeles.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini