Facebook Minta Maaf, Ini Penyebabnya

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Senin 06 September 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 57 2466803 facebook-minta-maaf-ini-penyebabnya-4G6j1dbC5G.jpg Facebook (Foto: Money control)

RUPANYA Facebook memblokir fitur rekomendasi topik setelah salah memberi video pria kulit hitam sebagai 'primata' atau kera melalui perangkat lunak pengenalan wajah di Facebook.

Seperti dilansir dari Bangkok Post, Seorang juru bicara Facebook mengatakan kesalahan itu 'tidak dapat diterima' dan menginformasikan bahwa perangkat lunak rekomendasi telah dirilis.

"Kami meminta maaf kepada siapa pun yang telah melihat rekomendasi ofensif," ujar Facebook.

 Facebook

"Kami memblokir seluruh topik rekomendasi sehingga kami dapat menyelidiki penyebabnya dan mencegah hal serupa terjadi lagi," tambah Facebook.

Perangkat lunak pengenal wajah telah dikecam oleh aktivis hak-hak sipil yang mengatakan ada masalah dengan akurasinya terutama yang melibatkan orang kulit hitam.

Video tertanggal Juni 2020 diposting oleh publikasi MailOnline berjudul Pria kulit putih memanggil polisi pada pria kulit hitam di marina.

Tangkapan layar dari rekomendasi tersebut dibagikan di situs sosial Twitter oleh mantan manajer desain konten Facebook Darci Groves.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini