Tips Hemat Kuota Modem WiFi, Dicoba Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 54 2467392 tips-hemat-kuota-modem-wifi-dicoba-yuk-wGh7QwkpHd.jpg Pakai kuota Wifi (Foto: Popscience)

PANDEMI Covid-19 membuat banyak orang harus memanfaatkan Internet untuk melakukan pekerjaan atau tugas sekolah. Namun kadang kita merasa terlalu boros dalam memakai kuota.

Seperti dilansir dari Antara, TravelWifi dalam keterangannya pada Senin membagikan sejumlah kiat menghemat kuota Internet pada modem WiFi sebagai berikut:

 pakai wifi

1. Matikan modem saat tak dipakai

Kiat pertama untuk menghemat kuota internet adalah mematikan koneksi Internet dari modem saat tidak digunakan. Pasalnya koneksi Internet di akan terus berjalan tanpa disadari. Jadi meski perangkat tidak sedang digunakan namun tetap terkoneksi Internet maka akan ada penyedotan kuota berdasarkan aplikasi yang ada seperti e-mail.

2. Matikan cloud

Mengaktifkan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox juga bisa menyedot kuota karena layanan secara otomatis akan menyimpan dokumen ke server cloud. Untuk melakukan proses itu, maka dibutuhkan kuota Internet.

3. Matikan auto backup

Matikan atau atur jadwal auto backup aplikasi seperti WhatsApp, Google Photo atau Windows.

4. Matikan Location

Jangan lupa juga mematikan fitur Location di dalam smartphone karena bisa jadi penyebab borosnya kuota Internet.

5. Matikan Auto Download

Jangan menyalakan fitur Auto Download di dalam aplikasi perpesanan atau e-mail. Lebih baik lebih selektif untuk mengunduh fail yang dikirim guna menghemat kuota.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini