Teleskop NASA Abadikan Objek Luar Angkasa yang Langka, Apa itu?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 56 2467405 teleskop-nasa-abadikan-objek-luar-angkasa-yang-langka-apa-itu-2IX5NqDymg.jpg Herbig haro (Foto: abc)

RUPANYA Teleskop Hubble menangkap gambar objek luar angkasa yang langka. Foto objek langka itu dirilis oleh teleskop luar angkasa milik badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA).

Gambar tersebut menangkap fenomena yang dikenal sebagai objek Herbig-Haro.

Terjepret di konstelasi Orion, objek yang dikenal sebagai HH-111 ini berjarak sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi, demikian dilansir dari ABC, Selasa (7/9/2021).

Herbig Haro

Pada dasarnya fenomena luar angkasa yang tertangkap ini adalah sebuah kelahiran dari sistem bintang di alam semesta, kata astronom Brad Tucker dari Australian National University.

"Di pusat Anda memiliki apa yang kami sebut protobintang, di mana gas dari bintang sebelumnya telah runtuh menjadi bayi bintang baru," jelas Dr Tucker.

Objek luar angkasa langka tersebut berputar dengan cepat dan saat melakukannya, ia mengeluarkan aliran gas yang terionisasi dari kutub utara dan selatannya. Gas ini begitu panas, sehingga semua elektronnya terlepas.

Gas itu kemudian bergerak keluar melalui awan debu di tempat pembibitan bintang.

Tucker menjelaskan bahwa saat bergerak lebih jauh, ia mulai menyebar dengan cara yang sama seperti saat manusia bernapas di pagi yang dingin.

Meskipun sangat spektakuler, objek-objek ini sulit dikenali. Mereka juga hanya bertahan selama 10.000–20.000 tahun.

"Kedengarannya seperti waktu yang lama, tapi dalam skema astronomi itu sebenarnya kerangka waktu yang singkat," kata Dr Tucker.

Objek yang tertangkap tidak terlalu terang karena debu menyerap banyak cahayanya, jadi peneliti hanya bisa melihatnya jika berada di dekatnya.

"Kami tidak dapat melihatnya di galaksi lain, tetapi Anda hanya melihatnya di Bima Sakti," tuturnya

Untuk menentukan apakah objek luar angkasa ini langka, ada petunjuk di angka di nama mereka, yakni pada nama HH-111.

"Kalau jumlahnya 111, (artinya) jumlahnya tidak banyak," imbuh Tucker. Gambar objek langka itu diambil oleh Wide Field Camera 3 Hubble Telescope.

"Hal hebat tentang Hubble adalah Anda dapat melihat berbagai hal baik dalam spektrum cahaya tampak maupun spektrum inframerah," terang Tucker.

"Jadi, Anda mendapatkan gambaran lengkap yang bagus tentang apa yang sedang terjadi." pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini