Tips Bikin Daftar Isi Otomatis di Word

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 57 2467279 tips-bikin-daftar-isi-otomatis-di-word-KgkRphcJ0p.jpg Pakai words (Foto: Freepik)

RUPANYA membuat daftar isi di Word bisa dilakukan dengan otomatis. Bagi sebagian orang, membuat daftar isi menjadi momok dan sangat dihindari.

Padahal, cara pembuatan daftar isi mudah diterapkan. Bahkan Anda tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi.

Daftar isi di sebuah file di Word menjadi salah satu bagian yang sangat berguna pada buku, laporan tugas, maupun skripsi, berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari halaman yang ingin ditinjau.

 pakai words

Pada bagian daftar isi, terdapat judul bab atau sub-bab halaman dan angka yang menunjukkan pada halaman berapa judul itu berada.

Untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word, pertama, buka file makalah atau skripsi yang akan dibuatkan daftar isi, kemudian tandai seluruh bab dari bab I sampai dengan daftar pustaka. Ingat hanya babnya saja ya.

Kemudian di menu Home – Style, klik tanda jarum dan klik Save Selection as a New Quick Style. Kemudian beri nama Style sesuai keinginan Anda, dan klik OK/Save.

Masih dalam posisi heading tertandai, klik menu References – Add Text – dan beri tanda pada opsi Level 1.

Selanjutnya tandai semua sub heading di makalah Anda, kemudian di menu Home – Styles klik opsi Heading 2. Jika formatnya berubah, Anda boleh memperbaiknya secara manual.

Masih dalam posisi sub heading tertandai, klik menu Reference – Add Text, kali ini posisikan ke opsi Level 2.

Sekarang buatlah sebuah halaman baru di bagian paling atas dengan heading Daftar Isi, lalu klik menu References dan jarum kecil di opsi Table of Contents dan klik Insert Table of Contents.

Ketika muncul jendela baru, biarkan pengaturannya seperti default dan klik saja tombol OK.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini