Kominfo Pastikan Data Aplikasi Peduli Lindungi Tidak Bocor

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 54 2468158 kominfo-pastikan-data-aplikasi-peduli-lindungi-tidak-bocor-kKE4mSZ2m0.jpg Aplikasi Pedulilindungi (Foto: Antara)

SEMPAT muncul isu data aplikasi Peduli Lindungi bocor di publik. Apalagi sampai muncul sertifikat vaksin Covid-19 milik Presiden Joko Widodo beredar di media sosial.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong menegaskan, tidak ada kebocoran data pada aplikasi Peduli Lindungi.

Menurutnya, beredarnya sertifikat Presiden Jokowi terjadi karena ada penyalahgunaan data presiden tanpa izin pemilik data, melalui aplikasi Peduli Lindungi.

 Pakai aplikasi peduli lindungi

Sejatinya, terang Usman, tidak ada kebocoran data dari aplikasi Peduli Lindungi. Namun yang terjadi adalah penyalahgunaan data presiden tanpa seizin pemilik data.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang mempertimbangkan akses tambahan seperti sidik jari, hingga identifikasi retina untuk keamanan ganda pada aplikasi Peduli Lindungi untuk melindungi data pribadi masyarakat.

"Pemerintah telah mulai mengintegrasikan data kementerian dan lembaga kedalam pusat data nasional," ujarnya.

Seperti dilansir dari Antara, pemerintah juga melakukan evaluasi teknologi hingga rencana penetapan undang-undang dasar upaya menjaga data masyarakat Indonesia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini