Potensi Serangan Siber di 2022 Diprediksi Meningkat

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 56 2468508 potensi-serangan-siber-di-2022-diprediksi-meningkat-r9lfngUGdy.jpg Serangan siber (Foto: Woodstock sentinel review)

RUPANYA tren serangan siber di 2022 tidak berbeda jauh dengan tahun ini. Pakar keamanan siber dari Cissrec, Pratama Persadha mengatakan, yang pasti potensi serangan siber akan meningkat.

"Apalagi melihat bahwa digitalisasi di Indonesia semakin meningkat," kata Pratama saat dihubungi melalui pesan singkat.

Dengan pandemi Covid-19 yang terus berjalan, maka akan semakin banyak perusahaan yang go digital. Artinya, semakin besar kemungkinan serangan siber meningkat.

 serangan siber

Maka dari itu, menurut Pratama, sudah seharusnya pemerintah Indonesia menaruh perhatian lebih untuk masalah keamanan siber ini.

Apalagi, pemerintah Indonesia sendiri sudah menunjukkan dukungan untuk digitalisasi bisnis melalui peta jalan Making Indonesia 4.0.

Sementara itu, di 2021, serangan siber yang teradi paling banyak dan merugikan adalah serangan ransomware ke infrastruktur kritis, industri, maupun instansi pemerintah.

Ada pula aktor-aktor serangan siber yang didukung oleh negara lain maupun perusahaan multinasional dalam era perang data sekarang ini.

"Negara perlu waspada terhadap serangan siber yang menyasar instansi negara dan swasta yang menghimpun banyak data masyarakat." pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini