Kominfo Minta Masyarakat Waspadai Situs Palsu Peduli Lindungi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 57 2469173 kominfo-minta-masyarakat-waspadai-situs-palsu-peduli-lindungi-w5V3OIswxT.jpg Aplikasi Peduli Lindungi (Foto: Antara)

KALI ini Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat waspada terhadap situs palsu pelacakan kontak COVID-19 milik pemerintah, Peduli Lindungi.

"Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," kata Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi.

 situs peduli lindungi

Beredar di dunia maya situs pedulilindungia.com, yang memiliki tampilan mirip dengan situs resmi PeduliLindungi. Tidak hanya mirip, situs tersebut juga menggunakan logo dan gambar PeduliLindungi.

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs tersebut untuk menangani COVID-19.

​​​​Ada pun situs resmi PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

"Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun," kata Dedy.

Seperti dilansir dari Antara, Kementerian Kominfo sudah memutus akses terhadap situs palsu tersebut.

"Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id," kata Dedy.

Kominfo meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi yang resmi, baik di Android Google Play Store maupun App Store untuk pengguna iOS.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini