Apple Dituntut Setop Produksi dan Penjualan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 57 2469552 apple-dituntut-setop-produksi-dan-penjualan-bP09QMrM7e.jpg Apple (Foto: Apple)

RUPANYA sebuah perusahaan AI China menuntut Apple untuk menghentikan produksi dan penjualan iPhone di China.

Hal ini dilakukan beberapa hari menjelang hajatan Apple yang akan berlangsung pada 14 September mendatang.

Perusahaan tersebut adalah Shanghai Zhizhen Intelligent Network Technology atau yang dikenal sebagai Xiao-i Robot. Mereka menuduh Siri melanggar patennya, demikian menurut laporan South China Morning Post.

 Apple

Rupanya, Xiao-i Robot dan Apple telah terlibat perselisihan paten terkait asisten virtual Siri selama bertahun-tahun.

Tahun lalu Xiao-i Robot menggugat Apple sebesar US 1,4 miliar setelah mengklaim kalau Siri melanggar paten asisten virtual mereka.

Pada saat itu, perusahaan telah meminta Apple untuk berhenti memproduksi, menggunakan, dan berjanji untuk menjual semua produk yang "melanggar" patennya yang mencakup semua perangkat dengan Siri‌.

Dalam eskalasi terbaru dari gugatannya, Xiao-i-Robot telah meminta pengadilan di Shanghai untuk memaksa Apple menghentikan produksi dan penjualan iPhone.

Perusahaan AI tersebut mengumumkan tuntutan awal melalui akun WeChat-nya.

Kepala Eksekutif Xiao-i Robot Yuan Hui mengatakan dalam pernyataannya bahwa Apple tidak menghormati kekayaan intelektual perusahaan.

"Apple harus segera menghentikan pelanggaran, menghapus dan menghentikan penjualan produk terkait," kata Yuan, dikutip dari Macrumors, Jumat (10/9/2021).

Jika pengadilan mengabulkan perintah Xiao-i-Robot, tentu akan berdampak signifikan pada rantai pasokan Apple.

Meskipun keputusan tidak mungkin secara langsung mempengaruhi peluncuran iPhone 13‌ bulan ini, namun dapat mempengaruhi peluncuran iPhone di masa mendatang.

Apple dalam sebuah pernyataan kepada South China Morning Post menegaskan kembali bahwa Siri‌ tidak "berisi fitur yang termasuk dalam paten mereka, yang berhubungan dengan game dan pesan instan"

Apple mencatat bahwa sertifikasi China lokal telah menyimpulkan bahwa Apple tidak melanggar Xiao-i -Teknologi robot.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini