Getaran Motor Ternyata Bisa Merusak Kamera Ponsel

Antara, Jurnalis · Senin 13 September 2021 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 57 2470441 getaran-motor-ternyata-bisa-merusak-kamera-ponsel-aR54TNNEZX.jpg Bahaya getaran motor bisa merusak pamera iPhone (foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Apple memperingatkan para pengguna bahwa getaran dalam frekuensi tertentu, salah satunya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi, bisa merusak sistem kamera iPhone.

"Memaparkan iPhone Anda pada getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, bisa menurunkan kinerja sistem kamera," tulis Apple di laman bantuan, dikutip Minggu.

Sistem kamera di berbagai model iPhone menggunakan Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF). OIS ini berfungsi agar gambar tidak kabur meski pun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone keluaran terbaru, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7.

Baca Juga:  Corning Bikin Gorilla Glass Khusus Kamera Ponsel, Samsung yang Pertama Adopsi?

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan fokus pada subjek foto tidak bergerak, begitu juga untuk video dan pengambilan gambar panorama.

Getaran yang tinggi bisa merusak gyroscope dan magnet pada OIS dan closed-loop AF sehingga akan berdampak pada kualitas foto dan video.

Baca Juga:  Intip Teknologi Kamera Apple iPhone SE 2020

Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone ke sepeda motor berdaya mesin tinggi supaya tidak rusak. Biasanya getaran tinggi berada di chasis dan stang.

Sementara moped atau skuter memiliki amplitudo getaran yang rendah dibandingkan sepeda motor.

Apple juga menyarankan mengurangi paparanke getaran untuk mengurangi risiko kamera rusak dan menggunakan peredam getaran jika harus menempelkan iPhone ke kendaraan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini