SpaceX Sukses Terbangkan 4 Astronaut Sipil ke Luar Angkasa

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 56 2472213 spacex-sukses-terbangkan-4-astronaut-sipil-ke-luar-angkasa-R1gVGRyUpp.jpg SpaceX (Foto: USS Feed)

RUPANYA SpaceX sukses menerbangkan empat astronaut amatir dalam misi Inspiration4. Awak misi ini terdiri dari satu miliarder dan tiga warga sipil.

Mereka melesat dari fasilitas landasan milik NASA di Kennedy Space Center, Florida pada Kamis (16/9).

Ini menjadi momentum dalam wisata antariksa setelah sebelumnya Blue Origin dan Virgin Galactic lebih dulu sukses mengangkut manusia ke orbit Bumi untuk melihat keindahan planet ini.

 SpaceX

Tidak seperti Virgin Galactic dan Blue Origin di mana awaknya hanya beberapa menit berada di orbit, misi SpaceX ini berlangsung jauh lebih lama yakni tiga hari.

Mengutip laporan BBC, mereka berempat menaiki pesawat Crew Dragon yang dilesatkan oleh roket Falcon 9. Pesawat itu mencapai ketinggian sekitar 575 kilometer, yang sekitar 150 kilometer lebih tinggi dari stasiun International Space Station (ISS).

Sebanyak 4 astronaut amatir itu akan menghabiskan waktu melakukan eksperimen ilmiah dan mengamati keindahan Bumi dari kubah kaca besar. Selama tiga hari mereka akan mengintari orbit barulah kemudian kembali ke Bumi.

Awak Inspiration4 terdiri dari Jared Issacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor, dan Chris Sembroski Issacman diketahui menjadi penyandang dana dan dia memilih tiga orang lain untuk menemaninya, yang dipilih olehnya melalui seleksi.

Sebelumnya keempat orang ini telah menjalani pelatihan intensif selama enam bulan dengan SpaceX. Meski begitu, mereka tetap dibantu dengan sistem komputer onboard yang akan mengendalikan kapsul Dragon mereka dengan diawasi oleh tim SpaceX di lapangan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini