Purnama Terakhir di September, Harvest Moon Akan Terjadi Malam ini

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 56 2474628 purnama-terakhir-di-september-harvest-moon-akan-terjadi-malam-ini-DYZknzeszq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BULAN purnama yang jatuh hari ini menjadi bulan purnama terakhir di September sebelum ekuinoks musim gugur tahun ini. Bulan purnama ini akan menjadi yang paling dekat dengan ekuinoks dan dikenal sebagai Harvest Moon.

Harvest moon adalah sebuah istilah yang pertama kali diterbitkan pada 1706, menurut Oxford English Dictionary, NASA melaporkan. Bulan akan tampak penuh bagi mereka yang tinggal di pantai barat Afrika sampai ke International Date Line (batas yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan melintasi Samudra Pasifik), demikian dikutip dari Space.

Sementara itu, di Eropa, Asia, Australia, dan sebagian besar Afrika baru akan melihat purnama pada 21 September. Menurut Live Science, secara historis, para petani bekerja hingga larut malam ketika bulan purnama berada di langit, menggunakan cahayanya untuk membantu mereka menuai panen musim gugur.

Bulan Purnama

Nama lain untuk bulan purnama September meliputi Bulan Buah, sebagai sebutan untuk buah-buahan yang sekarang matang, termasuk apel dan anggur. Ada pula Bulan Jelai, karena jelai gandum dipanen dan diirik saat ini.

Untuk suku Algonquin yang tinggal di Amerika Utara, bulan purnama ini mereka Bulan Jagung. Nama ini dipilih untuk tanaman pokok jagung, labu, kacang-kacangan dan padi liar yang tumbuh sepanjang tahun ini, Almanak Petani Maine melaporkan pada 1930-an.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini