Mundur dari Jawal, Uji Coba Starlink SpaceX Elon Musk Baru Selesai Bulan Depan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 54 2475171 mundur-dari-jawal-uji-coba-starlink-spacex-elon-musk-baru-selesai-bulan-depan-ybrB7gzgNY.jpg Elon Musk. (Foto: Reuters)

RAKSASA Teknologi SpaceX, perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, memang tengah menguci coba layanan internet satelit mereka yang diberi nama Starlink. Proyek tersebut bertujuan untuk memberikan layanan broadband global melalui konstelasi satelit.

CEO SpaceX Elon Musk lewat Twitter-nya menyebut bahwa Starlink fase pengujian beta akan selesai pada Oktober, lebih lambat dari yang diperkirakan. Pasalnya, saat Mobile World Congress, Musk menyatakan bahwa Starlink akan selesai pengujian versi beta pada bulan Agustus.

Melansir laman India Today, Rabu (22/9/2021), kecepatan Starlink bervariasi dari 50 Mbps hingga 150 Mbps dalam versi beta dan tidak ada kecepatan unduh. Dan juga mengklaim latensi 20 ms hingga 40 ms.

Saat layanan diluncurkan di seluruh dunia, pengguna dapat mengharapkan kecepatan internet hingga 209,17 megabit per detik. Sementara itu, satelit Starlink telah menyamai kecepatan broadband.

Elon Musk

Musk juga telah mencatat bahwa jaringan satelit yang mengorbit rendah Bumi telah menerima lebih dari 500.000 preorder untuk layanan internetnya dan mengantisipasi tidak ada masalah teknis dalam memenuhi permintaan.

Presiden perusahaan Starlink, Gwynne Shotwell sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa Starlink akan tersedia secara global pada September. Tujuan SpaceX sendiri adalah meluncurkan sekitar 42.000 satelit Starlink ke orbit rendah Bumi pada pertengahan tahun 2027.

Awal bulan ini, Musk menyebut bahwa layanan broadband satelit perusahaan akan segera datang ke India dan mengatakan perusahaan sedang menunggu persetujuan aturan dari negara tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini