Anak-Anak di China Cuma Boleh Main TikTok 40 Menit Sehari

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 54 2475181 anak-anak-di-china-cuma-boleh-main-tiktok-40-menit-sehari-ISo0VODtH8.jpg TikTok. (Foto: Reuters)

CHINA memang menjadi salah satu negara yang terdepan dalam teknologi. Lihat saja beberapa merek elektronik yang mereka keluarkan sudah banyak beredar di seluruh dunia dan mampu bersaing dengan brand-brand besar.

Meski demikian, di China sendiri penggunaan teknologi apalagi internet sangat dibatasi. Kini, pemerintah China membuat aturan yang membatasi perusahaan induk TikTok, ByteDance. Di China, TikTok memang berganti nama menjadi Doutin yang memiliki aturan lebih ketat.

Mengutip laman Cnet, Selasa (21/9/2021), pembatasan pun diterapkan bagi anak-anak berusia di bawah 14 tahun. Remaja yang di bawah usia 14 tahun hanya dapat mengakses aplikasi dengan Youth Mode, di mana penggunanya akan dibatasi hingga 40 menit sehari.

TikTok

Selain itu, kelompok usia ini hanya dapat mengakses aplikasi Douyin antara pukul 6 pagi hingga 10 malam. Aplikasi Douyin hampir identik dengan TikTok, hanya saja memiliki moderasi konten yang jauh lebih ketat.

Klip yang sensitif secara politis, seperti yang merujuk pada Lapangan Tiananmen atau perlakuan terhadap Muslim Uighur di Xinjiang, segera dihapus. Douyin memiliki lebih dari 600 juta pengguna setiap hari.

Peraturan sebelumnya mengharuskan ByteDance dan perusahaan serupa untuk memverifikasi nama asli dan usia penggunanya. Pengguna tersebut diharuskan menyerahkan nomor telepon dan informasi pengenal pribadi lainnya untuk mengakses aplikasi dan game online tertentu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini