Instagram Menghentikan Sementara Aplikasi Khusus Anak, Ini Alasannya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 57 2478663 instagram-menghentikan-sementara-aplikasi-khusus-anak-ini-alasannya-6WnvApCQvd.jpg Instagram (Foto: Unsplash)

RUPANYA Instagram menghentikan sementara pengembangan Instagram Kids, layanan khusus yang dibuat untuk anak-anak.

Perusahaan mengaku akan fokus pada pengembangan alat pengawasan orangtua terlebih dahulu.

Ini juga dilakukan untuk meyakinkan banyak pihak, termasuk regulator, bahwa aplikasi Instagram anak-anak sebenarnya adalah hal yang baik dan diperlukan.

 Instagram

Kabar bahwa Instagram sedang mengerjakan aplikasi khusus untuk anak-anak pertama kali dilaporkan oleh Buzzfeed pada Maret lalu.

Instagram mengonfirmasi bahwa layanan tersebut sedang dalam pengembangan. Tak lama setelah kabar itu dibenarkan, Instagram untuk anak mendapat respon negatif dari organisasi hak asasi, serta kelompok intimidasi dan kesehatan mental, yang semuanya khawatir tentang dampak memberi anak-anak kecil akses ke media sosial.

Meskipun Instagram menangguhkan pengerjaan pada aplikasi anak-anaknya untuk saat ini, kemungkinan aplikasi seperti itu masih akan muncul di masa depan.

Dalam posting blog, Bos Instagram Adam Mosseri mengatakan dia masih percaya membangun Instagram Kids adalah hal yang benar untuk dilakukan.

"Niat kami bukan agar versi ini sama dengan Instagram hari ini," kata Mosseri, dikutip dari Cnet, Rabu (29/9/2021).

"Orang tua tetap dapat mengawasi waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di aplikasi dan mengawasi siapa yang dapat mengirim pesan kepada mereka, siapa yang dapat mengikuti mereka, dan siapa yang dapat mereka ikuti." imbuhnya.

Instagram Kids tidak akan dirancang untuk mereplikasi versi aplikasi dewasa. Aplikasi itu akan bebas iklan dan diawasi langsung oleh orang tua.

Dalam tweetnya, Mosseri menjelaskan mengapa Instagram memutuskan untuk menunda proyek tersebut.

Sebab, Instagram Kids bocor sebelum perusahaan siap untuk dipublikasikan, katanya, yang berarti Instagram belum siap untuk menjawab pertanyaan mengenai kekhawatiran banyak pihak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini