Belum 16 Tahun Tak Boleh Lakukan Live Streaming di China

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 326 2480223 belum-16-tahun-tak-boleh-lakukan-live-streaming-di-china-qCzq7d0NlR.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

CHINA memang menjadi salah satu negara yang sangat membatasi penggunaan media sosialnya. Mereka memang terkenal sangat ketat dengan informasi yang beredar di internet.

Belakangan, Otoritas China meminta operator penyedia layanan online, termasuk game, live streaming, streaming audio dan video, serta jejaring sosial, untuk membatasi waktu dan uang yang dihabiskan anak di bawah umur secara online.

Mereka yang tidak boleh melakukan live streaming adalah remaja di bawah 16 tahun . Pedoman baru tersebut sudah mendapatkan persejutuan State Council. Mengutip laman South China Morning Post, operator juga dilarang membiarkan remaja di bawah 16 tahun mendaftar untuk live streaming.

Gamers

Aturan itu juga mengatakan bahwa negara bertujuan untuk menerapkan sistem otentikasi identitas elektronik terpadu di seluruh negeri. Ini ditujukan agar dapat mengelola anak di bawah umur bermain game.

Mereka hanya diperbolehkan main game antara jam 8 malam dan jam 9 malam. Itu pun hanya bisa dilakukan pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur saja. Regulasi juga dibuat untuk mengklasifikasikan game, meninjau konten, membatasi waktu bermain, dan melindungi informasi dan privasi pribadi anak-anak.

China memang sedang memperketat aturannya tentang ekonomi digital negara yang sedang booming tahun ini. Pada bulan Agustus, pihak berwenang mengeluarkan aturan baru untuk membatasi waktu bermain game untuk anak berusia di bawah 18 tahun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini