8 Cara Screenshot di Laptop

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 57 2481033 8-cara-screenshot-di-laptop-Avb7UC6SaW.jpg Laptop (Foto: CNET)

CARA screenshot di laptop merupakan salah satu metode yang penting diketahui. Apalagi untuk semua pekerjaan yang berkaitan dengan komputer.

Simak yuk cara screenshot di laptop berikut ini guna mempermudah pekerjaan Anda!

 laptop

1. Cara Screenshot di Laptop lewat PrtScn Key

Di laptop Windows 10, cara termudah untuk menyimpan salinan apa pun yang ada di layar komputer Anda adalah dengan menekan tombol 'Print Screen' pada keyboard Anda. Biasanya tombol diberi label 'PrtScn' dan terletak di baris atas di antara atau dekat tombol Function.

Pada beberapa keyboard Anda mungkin perlu memicu Print Screen menggunakan tombol Function, dengan kata lain tahan tombol Function lalu PrtScn. Windows menampilkan beberapa variasi PrtScn:

1. Tekan PrtScn. Metode ini menyalin seluruh layar ke clipboard. Anda dapat menempelkan screenshot ke program apa pun yang menampilkan gambar seperti Paint atau Microsoft Word.

2. Tekan Alt+ PrtScn. Metode ini untuk menyalin jendela aktif ke clipboard yang dapat Anda tempelkan ke program lain.

3. Tekan tombol Windows Key+ Shift+ S. Layar akan meredup dan penunjuk mouse berubah. Anda dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya. Screenshot akan disalin ke clipboard, yang dapat Anda tempelkan ke program lain.

4. Tekan tombol Windows + PrtScn. Cara ini ditujukan untuk menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. Anda dapat menemukannya di folder 'Picture' dalam subfolder yang disebut Screenshots.

2. Cara screenshot di Windows 10 dengan snipping tool

Microsoft menyertakan utilitas screenshot yang jauh lebih fleksibel dengan Windows 10 yang disebut Snipping Tool. Anda dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dulu menempelkan tangkapan layar ke program lain.

Ikut cara screenshot di laptop menggunakan Snipping Tool berikut ini:

1. Jalankan Snipping Tool dari menu Start

2. Dalam drop down menu, pilih jenis bentuk screenshot yang Anda inginkan. Anda dapat memilih apa saja dari full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas.

3. Klik New dan layar Anda akan membeku. Anda kemudian dapat menggunakan mouse untuk membuat screenshot. Tangkapan layar kemudian akan muncul di jendela Snipping Tool.

4. Jika Anda ingin menyertakan sesuatu seperti tooltip, yang hanya muncul setelah gerakan mouse, Anda dapat menentukan seberapa lama menunggu sebelum mengambil screenshot menggunakan menu Delay.

5. Jika mau, setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan alat gambar untuk memberi keterangan pada screenshot.

6. Setelah selesai, klik 'File', lalu Save As untuk menyimpan screenshot yang telah selesai ke komputer Anda.

7. Anda juga dapat mengklik tombol copy di Snipping Tool window untuk menyalin gambar ke clipboard Anda.

3. Cara screenshot di laptop Windows 10 dengan Game Bar

Cara screenshot di laptop terakhir yang dalam daftar ini yakni lewat Game Bar. Game Bar adalah overlay yang dapat Anda gunakan di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video. Berikut cara menggunakannya:

1. Mulai game dari Start menu di Xbox Console Companion program.

2. Saat bermain game, tekan tombol Windows + G. Game Bar overlay akan muncl di sini.

3. Klik ikon kamera untuk mengambil screenshot atau Anda dapat menggunakan shortcut keyboard seperti tombol Windows + Alt +PrtScn.

Screenshot akan secara otomatis disimpan ke folder Videos dalam subfolder yang disebut Captures. Jika Anda memainkan game di Steam, Anda juga dapat menekan F11 untuk mengambil tangkapan layar.

4. Cara screnshot di laptop Asus menggunakan Kombinasi Windows +PrtSc

Cara screnshot di laptop Asus bisa menggunakan kombinasi Windows +PrtSc. Dengan menekan tombol PrtSc saja sudah bisa untuk mengambil screenshot.

Tapi dengan menggunakan tombol kombinasi Windows +PrtSc, screenshot sudah terjamin tersimpan dengan baik. Anda harus menekan tombol tersebut secara bersamaan. Tanda screenshot berhasil yakni ketika layar laptop berkedip. Ini artinya screenshot sukses dan tersimpan dengan baik.

5. Cara screnshot di laptop Asus menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc Tombol kombinasi lainnya untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc. Untuk memakai cara ini, tekan secara bersamaan juga tombol Fn + PrtSc. Jika sudah, Anda bisa mulai membuka aplikasi pendukung, misalnya edit gambar yang biasanya ada di laptop Asus.

Anda bisa tekan paste atau Ctrl + V. Kemudian, picture hasil screenshot akan muncul di aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut dengan menekan ikon save atau kombinasi Ctrl + S.

6. Cara screenshot di laptop Acer

Anda bisa screenshot di laptop Acer dan menyimpannya dengan berbagai format mulai dari PNG, JPG, dan GIF dengan menggunakan beberapa cara screenshot di laptop Acer berikut ini.

Menggunakan Tombol Kombinasi Pada Keyboard Pertama, screenshot di laptop Acer bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard laptop. Dengan langkah ini, picture hasil screenshot akan tersimpan otomatis.

7. Cara screenshot laptop Acer pakai snipping tool

Menggunakan Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot yang disediakan Microsoft. Dengan aplikasi ini. Anda bisa screenshot lebih nyaman dan fleksibel.

8. Cara screenshot laptop Mackbook

Pengguna setia MacBook, dilansir The Verge, versi terbaru dari MacOS yakni Mojave dan Catalina kini telah menghadirkan sebuah aplikasi yang memudahkan Anda untuk melakukan screenshot.

Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Shift + Command (⌘) + 5” untuk memunculkan bilah perintah.

Pada bilah perintah, Anda akan disajikan lima buah tombol berbentuk kotak, tombol “Options” dan tombol “Capture”. Agar tidak bingung, berikut ini keterangan dari setiap tombol perintah yang tersedia pada tampilan:

1. Tiga buah tombol kotak paling kiri merupakan opsi untuk tangkapan layar. Anda dapat memilih untuk seluruh layar, jendela aplikasi tertentu, atau sebagian layar.

2. Dua tombol setelahnya merupakan opsi untuk mengambil video. Anda dapat memilih antara merekam seluruh tampilan layar atau hanya sebagian layar.

3. Sedangkan tombol “Options” menyediakan Anda berbagai opsi lanjutan, seperti tempat untuk menyimpan hasil gambar/video, mengatur jeda pengambilan dan juga memberikan opsi untuk menyembunyikan kursor.

4. Terakhir, jika Anda sudah memilih opsi dari tiga poin di atas, Anda cukup menekan tombol “Capture” yang berada pada posisi paling kanan untuk memproses pengambilan gambar.

Adapun untuk Anda yang belum memiliki versi terbaru dari MacOS ini, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa kombinasi perintah yang dapat Anda ikuti dan tidak memakan banyak waktu:

- Shift + Command + 3 untuk mengabadikan tampilan seluruh layar

- Shift + Command + 4 + seret kursor pada bagian tertentu untuk mengabadikan sebagian tampilan layar

- Shift + Command + 4 + bilah spasi, setelahnya arahkan kursor pada jendela aplikasi tertentu untuk mengabadikan jendela tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini