5 Cara Mengatasi WhatsApp Error

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 54 2481520 5-cara-mengatasi-whatsapp-error-Vz90jqKeHq.jpg Langkah mengatasi WhatsApp yang error (foto: Cnet)

JAKARTAAplikasi chat WhatsApp mengalami gangguan selama 6 jam pada Selasa (5/10/2021). Pengguna mengeluhkan sekitra 34 ribu laporan WhatsApp error, 95 ribu Instagram dan 111 ribu Facebook.

Perusaan aplikasi milik Mark Zuckerberg itu harus menelan kerugian hingga ekitar USD7 miliar atau nyaris setara Rp99,5 triliun. Itu terjadi tidak hanya di kawasan Asia, laporan down juga dialami Amerika Serikat, Mexico, Canada.

Baca JugaFacebook Minta Maaf Sempat Down, WhatsApp dan Instagram Beri Penjelasan

Facebook mengeluarkan pernyataan penyebab gangguan layanan, termasuk WhatsApp dan Instagram, yang berdampak ke seluruh pengguna di dunia yakni karena perubahan konfigurasi router yang bertugas mengatur lalu litas di pusat data.

Hasil penelurusan tim Facebook untuk masalah ini, gangguan terjadi karena perubahan konfigurasi pada router tulang punggung mereka, yang bertugas mengatur lalu litas pada pusat data atau data center.

Baca Juga: WhatsApp, Facebook dan Instagram Juga Down di Berbagai Negara

Sementara itu, jika masalahnya bukan dari server WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi saat WA error yang dikutip dari beberapa sumber:

1. Pastikan Tersedia Internet

Ketika mengalami WhatsApp down atau error, coba untuk mengecek jaringan internet. Pastikan koneksi internet baik, jika sinyal jelek coba menggunakan koneksi WiFi yang tersedia di sekitar Anda.

2. Restart Android Anda

Jika cara pertama belum berhasil, coba untuk melakukan restart. Dengan melakukan restart, Anda coba mengulang seluruh sistem di android Anda untuk bekerja secara normal.

3. Bersihkan Cache

Langkah selanjutnya jika WhatsApp masih juga error, coba untuk menghapus chace di aplikasi tersebut. Cache ini sebenarnya merupakan data yang tersimpan sementara di aplikasi.

Dengan membersihkan chace secara teratur, ini bisa mengurangi beban data yang bisa membuat WhatsApp lemot atau bahkan error.

4. Hapus Data di WhatsApp

Data di WhatsApp yang penuh juga bisa menjadi penyebab akun Anda tidak bisa dibuka. Namun sebelum menghapus data di WhatsApp, pastikan Anda sudah melakukan backup data.

5. Instal Kembali WhatsApp

Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi WhatsApp yang error. Caranya buka setelan di android Anda untuk melakukan uninstal WhatsApp.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini