Indonesia Berpotensi Besar di Dunia Digital

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 54 2481939 indonesia-berpotensi-besar-di-dunia-digital-ebjn3qheHj.jpg Potensi digital (Foto: Modern diplomacy)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menyatakan, Indonesia memiliki kekuatan dan potensi yang besar di dunia digital karena memiliki jumlah pengguna internet yang banyak.

Pada Januari 2021, Indonesia tercatat memiliki 202,6 juta pengguna internet. Untuk itu, pemerintah perlu memastikan kesiapan digital penduduk Indonesia.

 Menkominfo

"Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga terus membangun infrastruktur digital di seluruh Indonesia, di pedesaan dan daerah tertinggal," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

Pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan infrastruktur agar 83 ribuan desa di Indonesia terhubung dengan sinyal 4G. Selain membangun infrastruktur secara masif, pemerintah menyiapkan undang-undang untuk mendukung hal tersebut.

"Selain mengembangkan infrastruktur, kami juga fokus pada bagaimana mengatur tata kelola aturan hukum digital yang baik," kata Johnny.

Pada keterangan yang sama, Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono menyatakan perkembangan teknologi, khususnya media baru, mampu mengganggu (disrupsi) kedigdayaan media lama.

Seperti dilansir dari Antara, dampak disrupsi juga terasa pada aspek sosial-budaya komunikasi.

"Dampaknya tidak hanya bagaimana masyarakat mengonsumsi media, melainkan juga bagaimana masyarakat berkomunikasi. Pandemi ini menimbulkan tantangan-tantangan dalam komunikasi digital," kata Ninok.

Pandemi virus corona mempercepat komunikasi digital, namun, transformasi tersebut dipandang memiliki dua sisi mata uang.

Pada satu sisi, transformasi digital bisa mempercepat perkembangan industri dari 4.0 ke Smart Society 5.0. Di sisi lain, transformasi digital menimbulkan tantangan, misalnya gangguan kecanduan internet.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini