Kominfo Blokir Situs Palsu Pedulilindungiq.com

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 57 2482264 kominfo-blokir-situs-palsu-pedulilindungiq-com-WcDIRzGGWC.jpg Situs palsu pedulilindungiq.com resmi diblokir (foto: Quora)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi memblokir situs palsu pedulilindungiq.com. Situs palsu itu diketahui mencoba melakukan penipuan. Diketahui situs pedulilindungiq.com ini mewajibkan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19.

Sementara situs asli yang merupakan milik pemerintah bernama pedulilindungi.id. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi buka suara. Menurutnya, seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id.

Baca Juga: Kominfo: Situs PeduliLindungiq.com Palsu

Selain itu situs ini tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs pedulilindungi.id," kata Dedy dalam keterangannya, Rabu (6/10/2021).

 Baca Juga: Beredar Unggahan Aplikasi PeduliLindungi Direkam Singapura

Untuk diketahui, aplikasi PeduliLindungi dan situs pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apapun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin.

Kementerian Kominfo mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play Store.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan Aplikasi PeduliLindungi." pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini