3 Fungsi Utama PeduliLindungi dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 57 2482684 3-fungsi-utama-pedulilindungi-dalam-penanganan-pandemi-covid-19-tnwv4Ysn3V.jpg PeduliLindungi (Foto: Okezone)

SELAMA masa pandemi Covid-19, aplikasi PeduliLindungi memang telah menjadi persyaratan wajib bagi seseorang yang hendak melaksanakan aktivitas di luar rumah. Sebab sejumlah fasilitas maupun ruang publik telah mewajibkan seseorang untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam rangka melakukan tracing terkait dengan mobilitas masyarakat.

 Menkes

Dalam sesi jumpa pers Launching Integrasi Fitur QR Code PeduliLindungi yang disiarkan di channel YouTube Kemenkes, Kamis (7/10/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi ini sangat penting di masa pandemi Covid-19. Ia menjelaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi akan digunakan untuk tiga hal utama dalam penanganan pandemi Covid-19, di antaranya:

1. Untuk melakukan skrining, terutama pada enam aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Skriningnya adalah skrining status vaksinasi, dan status PCR test. Jadi semua masyarakat yang akan melakukan aktivitas tersebut, pemerintah dapat mengetahui status kesehatannya, vaksinasi, dan tracingnya.

2. Untuk melakukan fungsi tracing atau pelacakan. Dengan adanya QR Code yang kami minta secara , disiplin di scan, untuk memulai suatu aktivitas, diaharapkan kalau misalnya terjadi suatu kasus positif maka pemerintah bisa dengan sangat cepat mengetahui siapa saja yang ada di tempat dan waktu tersebut. Ini akan sangat mempermudah proses pelacakan atau tracing.

3. Untuk mendukung implementasi protokol kesehatan. Misalnya jika di scan hasilnya hijau, artinya seseorang bisa duduk di restoran yang dalam ruangan satu meja bisa berempat dan makannya boleh 90 menit. Jika kuning, dan merah duduknya harus di luar di udara terbuka, satu meja hanya berdua dan mungkin hanya boleh 45 menit.

“Inilah contoh-contoh di mana fungsi aplikasi PeduliLindungi baik untuk skrining, tracing, dan juga protokol kesehatan nantinya dapat dijalankan dan membantu untuk memudahkan menjalankan protokol kesehatan di aktivitas-aktivitas utama,” ujar Menkes Budi dalam penjelasannya.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang dicoba diintegrasikan dengan PeduliLindungi adalah:

1. Aktivitas perdagangan modern seperti mall dan departemen store, maupun perdagangan tradisional seperti pasar dan toko-toko tradisional

2. Transportasi (Darat, laut, maupun udara)

3. Pariwisata, terutama kuliner. Namun ada pula aktivitas lain seperti show, pameran, dan lain sebagainya.

4. Bekerja, bisa di kantor atau di pabrik.

5. Pendidikan, di sekolah dasar, SMP, SMU, hingga perguruan tinggi.

6. Keagamaan, baik ritual mingguan atau upacara keagamaan besar seperti hari raya.

“Aplikasi PeduliLindungi secara agresif namun bertahap akan diimplementasikan keenam aktivitas utama tadi untuk fungsi skrining, tracing, dan juga protokol kesehatan,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini