Ini Arti Daftar Hitam Covid-19 di Aplikasi PeduliLindungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 57 2483191 ini-arti-daftar-hitam-covid-19-di-aplikasi-pedulilindungi-42WH6qZagq.jpg Aplikasi PeduliLindungi (Foto: Antara)

BEBERAPA waktu lalu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengumumkan bahwa hampir 10 ribu orang yang masuk dalam daftar hitam Covid-19 dan terdeteksi oleh aplikasi PeduliLindungi. Tentunya kondisi ini sangat memperihatinkan dan berpotensi menyebabkan ledakan kasus Covid-19.

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham betul dengan istilah daftar hitam Covid-19. Menjawab hal tersebut, Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mencoba memberikan penjelasan melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai.

"Hitam artinya orang tersebut tidak sehat. Mungkin mereka pernah terdeteksi positif Covid-19 sehingga seharusnya diisolasi. Memang aplikasi PeduliLindungi ini berguna untuk melindungi supaya mendeteksi hal seperti ini," kata dr. Fajri dalam penjelasannya.

 Aplikasi PeduliLindungi

Ia menilai bahwa sistem aplikasi PeduliLindungi yang saat ini digunakan sudah bagus, sehingga bisa mendeteksi dengan baik. Sebab, misalkan sistemnya tidak bagus lalu di daerah lain yang tidak menerapkan scan yang ada di PeduliLindungi, tentunya tidak akan ketahuan.

"Artinya masyarakat harus hati-hati betul. Karena kita tidak tahu di kiri kanan kita ini orangnya betul-betul sehat atau tidak. Dan yang terpenting adalah tetap menjaga protokol kesehatan," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini