Instagram Siap Hadirkan Fitur untuk Ingatkan Remaja Istirahat dari Medsos

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 57 2484955 instagram-siap-hadirkan-fitur-untuk-ingatkan-remaja-istirahat-dari-medsos-n8gaj2BoEq.jpg Instagram (Foto: Flexjob)

RUPANYA media sosial seperti Instagram memang menjadi cara mudah untuk menghubungkan teman keluarga dari seluruh penjuru dunia. Namun terkadang media sosial bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mental.

Ini karena beberapa orang terobsesi dengan media sosial dan mulai membandingkan diri mereka dengan apa yang mereka lihat online, yang belum tentu menceritakan keseluruhan cerita kehidupan orang lain.

 Instagram

Obsesi yang tidak sehat ini tentu bisa berdampak buruk, terutama bagi pengguna remaja dan lebih mudah dipengaruhi.

Mengutip Ubergizmo, Selasa (12/10/2021), karena alasan itu, Instagram memutuskan untuk menerapkan fitur pengingat untuk pengguna remaja, di mana perusahaan akan mengingatkan mereka untuk beristirahat dari media sosial sesekali untuk membantu kesehatan mental.

Menurut Global Affairs VP Facebook dan mantan wakil perdana menteri Inggris, Nick Clegg, perusahaan akan memperkenalkan sesuatu yang menurutnya akan membuat perbedaan besar.

"Sistem kami akan mendeteksi remaja yang sedang melihat konten serupa berulang kali, dan konten itu mungkin tidak kondusif untuk kesehatan mereka. Kami akan mendorong mereka untuk melihat konten lain," kata Clegg kepada CNN.

Perusahaan tidak menyatakan secara spesifik kapan fitur tersebut akan diluncurkan, tapi bisa menjadi fitur yang patut dinantikan.

Perusahaan seperti Apple dan Google sudah memiliki fitur serupa di mana mereka dapat menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk aplikasi tertentu.

Adapula fitur yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu pada aplikasi dan diingatkan ketika waktu mereka habis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini