Google Ajak Pengguna Peduli Kesehatan Digital

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 57 2486164 google-ajak-pengguna-peduli-kesehatan-digital-sv3Hikd5M8.jpg Google (Foto: EPA)

RUPANYA perusahaan teknologi Google mengajak para penggunanya untuk memperhatikan "kesehatan digital" mereka lewat fitur dan alat yang diharapkan dapat membantu pengguna menemukan keseimbangan yang lebih baik dengan teknologi untuk mencapai rasa kesejahteraan fisik dan mental pribadi.

"Teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu, dan upaya Kesehatan Digital kami dapat membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik mungkin—sehingga teknologi selaras dengan hidup Anda, tanpa gangguan yang tidak diinginkan," kata Google melalui keterangannya, Rabu.

 Google

Berikut adalah sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Android dan layanan Google.

1. Timer Aplikasi di Android

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu penggunaan suatu aplikasi. Setelah pengguna mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap.

2. Mode Waktu Tidur Android

Jadwalkan untuk waktu tidur, sehingga secara otomatis mengubah layar pengguna menjadi skala abu-abu (grayscale) dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb di mode waktu tidur ini.

3. Profil Waktu Tonton di YouTube

Profil waktu tonton memungkinkan pengguna memeriksa rata-rata waktu tonton harian. Ini juga menunjukkan berapa lama pengguna telah menonton video di YouTube dalam satu hari tersebut, kemarin, dan selama 7 hari terakhir. Fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler.

4. Mode Fokus di Android

Mode fokus memungkinkan pengguna memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika pengguna ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, pengguna dapat mengaktifkan mode ini, bahkan dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

5. Mode Do Not Disturb di Android

Mode ini dapat membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Anda dapat memilih apa yang Anda blokir dan apa yang Anda izinkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini