Pentingnya Sinergi Guna Wujudkan Transformasi Digital ASEAN

Antara, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 54 2488383 pentingnya-sinergi-guna-wujudkan-transformasi-digital-asean-VKorGSbAiN.jpg Transformasi digital (Foto: Modern diplomacy)

RUPANYA Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate dalam konferensi pers daring terkait Pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN ke-20 mengatakan, sinergi dan kolaborasi antarnegara di Asia Tenggara penting dalam mewujudkan akselerasi transformasi digital di kawasan tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkominfo bersama Menteri Koordinator bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto dan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dalam Pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN ke-20 (The 20th ASEAN Economic Community Council Meeting, Interface Between The AEC Council and The ASEAN Digital Ministers) secara virtual.

 Menkominfo

"Selain bertujuan untuk bertukar pandangan terkait isu-isu digital, pertemuan ini juga ditujukan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antarnegara anggota demi mewujudkan transformasi digital yang strategis, inklusif, dan berkelanjutan di kawasan Asia Tenggara," kata Menteri Johnny kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo menjelaskan, Indonesia mendukung penyusunan "ASEAN Leader Statement on Digital Transformation" yang diinisiasi oleh Brunei Darussalam selaku ketua (chairmanship) ASEAN pada tahun ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Indonesia menyampaikan poin pandangan dan posisinya terkait isu-isu transformasi digital, di antaranya, pemerintah telah menyusun peta jalan (roadmap) Indonesia Digital 2021-2024 sebagai dokumen panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat dan merata.

"Kedua, pemerintah terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata guna menutup kesenjangan digital dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah. Akses merata terhadap layanan telekomunikasi yang berkualittas adalah prasyarat utama dalam wujudkan transformasi digital," papar Menkominfo.

"Pemerintah juga menekankan peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari yang harus memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data. Hal tersebut bisa didorong oleh kerangka yang dibuat spesifik mengatur tentang arus data lintas batas negara guna menjamin perlindungan data pribadi," imbuhnya.

Dalam forum tersebut, Indonesia juga menyepakati dukungan terhadap ASEAN Leader Statement on Advancing Digital Transformation yang berfokus pada pendalaman kerja sama antara badan sektoral dan pilar komunitas ASEAN untuk transformasi digital yang inklusif dan akseleratif.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini