Deretan Fenomena Bulan Langka yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 56 2488374 deretan-fenomena-bulan-langka-yang-perlu-diketahui-apa-saja-EbhhnTBFRF.jpg Bulan stroberi (Foto: Mashable)

RUPANYA para astronom mengetahui sejumlah bulan langka yang perlu diketahui selama beberapa bulan, dan tahun mendatang.

Dilansir dari Newsweek.com berikut ini berbagai fenomena bulan langka yang harus disimak. Apa saja?

supermoon

1. Supermoon

Saat bulan purnama bertepatan dengan perigee, titik di orbit bulan yang paling dekat dengan Bumi, itu dikenal sebagai supermoon. Beberapa percaya mereka menyebabkan emosi yang meningkat.

Karena kedekatannya dengan Bumi, supermoon dapat tampak 30 persen lebih terang dan hingga 14 persen lebih besar dari bulan purnama biasa. Nah, Supermoon berikutnya diperkirakan terjadi pada 14 Juni 2022.

2. Blood Moon

Gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada 19 November dan akan terlihat dari sebagian Asia, Australia, Amerika Utara, Eropa utara dan timur, dan sebagian besar Amerika Selatan.

Disebut juga sebagai blood moon, wajah bulan akan berubah menjadi merah saat melewati bayangan Bumi.

Sementara gerhana bulan berikutnya hanya akan terjadi sebagian, sebagian besar wajah bulan akan berubah menjadi warna kemerahan yang cerah.

3. Bulan Merah Muda

Seperti dilansir dari Harian Jogja, bulan merah muda adalah bulan purnama yang terjadi pada bulan April, dan dinamai bunga yang disebut phlox tanah liar, yang mekar di awal musim semi dan muncul di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Itu tidak benar-benar tampak merah muda.

Bulan merah muda dikatakan sebagai sinyal optimisme dan tujuan yang akan membuahkan hasil.

4. Bulan Stroberi

Bulan stroberi sejatinya mengacu pada bulan purnama Juni. Warnanya tidak cenderung merah stroberi, tetapi sering kali memiliki lebih banyak rona mawar atau kemerahan karena posisinya yang lebih rendah di langit daripada biasanya.

Ini karena posisi bulan dapat membuatnya bersinar lebih banyak melalui atmosfer daripada waktu lain dalam setahun.

Diperkirakan dinamai stroberi oleh penduduk asli Amerika karena penampilannya bertepatan dengan panen stroberi.

Bulan purnama Juni dikatakan melambangkan keberuntungan, optimisme, dan kemurahan hati.


5. Blood Moon Super Flower

Bulan super yang dikombinasikan dengan gerhana bulan total, dan Super Blood Moon Flower terakhir dilihat pada bulan Mei 2021.

Bulan ini sering dikatakan melambangkan kelahiran kembali dan pertumbuhan, dengan beberapa percaya bahwa Blood Moon adalah waktu yang tepat untuk refleksi. Blood Moon super flower berikutnya akan terjadi pada 8 Oktober 2033.


6. Gerhana Matahari Cincin Api

Gerhana ini melibatkan bulan dan matahari. Gerhana matahari cincin api yang langka terakhir terjadi pada Juni 2021.

Itu terjadi ketika bulan terlalu jauh dari Bumi dalam orbit elipsnya untuk sepenuhnya menghalangi matahari seperti yang terjadi selama gerhana matahari total, alih-alih membiarkan cincin luar matahari terbuka.

Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada 4 Desember, tetapi hanya akan terlihat dari Antartika dan sebagian di Afrika Selatan dan Atlantik Selatan.

Gerhana matahari kadang-kadang dikatakan memprovokasi perubahan dan mengantarkan tujuan baru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini