Tips bagi Bunda agar Anak Lupa Main Ponsel

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 57 2488431 tips-bagi-bunda-agar-anak-lupa-main-ponsel-wmYaxm7afu.jpg Anak main ponsel (Foto: Pixabay)

SAAT ini salah satu perangkat elektronik yang tak bisa lepas dari masyarakat ialah HP alias ponsel.

Rasanya ada yang aneh jika HP tak ada dalam genggaman. Dengan HP, semua bisa dilakukan. Seperti ada fitur permainan, hiburan dan media sosial yang terhubung dengan internet.

Tak jarang, kini anak-anak sangat senang ketika bermain gadget ini. Bahkan ketika anak rewel, orang tua sering lupa dan memberikan ponselnya kepada anaknya.

 anak main ponsel

Nah, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar anak lupa bermain ponsel. Dikutip dari unggahan Facebook Tips Sehat dan Info Kuliner, Selasa (19/10/2021), berikut selengkapnya.

1. Di minggu pertama, Anda bisa mengatur waktu bermain HP anak. Misal untuk anak yang sudah kecanduan, susah lepas dari ponsel, bisa atur waktu perdua jam sekali.

Setiap 2 jam, Anda bisa mengambil gadget yang dipakai. Boleh diberikan lagi setelah 2 jam dan dia merengek minta HP lagi. Tapi ingatkan lagi 2 jam kemudian, akan diambil. Kalau tidak merengek, tidak usah diberikan.

2. Masuk pekan kedua, naikan frekuensi jamnya, misal jadi 5 jam sekali. Jika memungkinkan, Anda bisa naikkan agak banyak hingga 3-5 jam berikutnya. Tujuannya biar anak mulai terbiasa tidak main HP.

3. Kemudian minggu berikutnya, mulai atur hari dimana anak boleh pegang HP. Misal per 2 hari saja boleh main HPnya, 2 hari ke depan libur dulu. Begitu seterusnya.

4. Jika sudah masuk keempat, Anda bisa lebih konsisten untuk memberi HP hanya 1 minggu sekali saja, misal hari sabtu saja dengan batas waktu 2 jam. Walaupun anak merengek tetap harus sesuai aturan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini