Bill Gates Disebut Pernah Goda Karyawan Wanita di Microsoft

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 54 2489398 bill-gates-disebut-pernah-goda-karyawan-wanita-di-microsoft-U5fkBZV3JW.jpg Bill Gates (Foto: The Verge)

RUPANYA Bill Gates sempat mendapat peringatan dari dua eksekutif perusahaan mengenai tindakannya yang mengirimkan pesan tidak pantas kepada karyawan wanita melalui email

Menurut laporan The Wall Street Journal, hal ini terjadi 10 tahun sebelum ia hengkang dari keanggotaan dewan Microsoft.

Rumor mengenai perselingkuhan pendiri Microsoft ini dengan karyawan wanita juga sempat diselidiki oleh dewan.

Bill Gates dan mantan istri 

Mengutip laman The Verge, Selasa (19/10/2021), saat dia masih menjadi karyawan di Microsoft dan menjabat sebagai ketua dewan, Gates dan seorang karyawan wanita bertukar email "menggoda" dan melamar karyawan tersebut.

Gates sudah menikah saat itu. Ketika dihadapkan oleh dua eksekutif perusahaan, Gates dilaporkan tidak menyangkal mengatakan dia akan menghentikan interaksi tersebut.

Para eksekutif memberi tahu beberapa anggota dewan Microsoft, tapi dewan akhirnya memutuskan bahwa karena tidak ada interaksi fisik antara wanita itu dan Gates, tidak ada tindakan lebih lanjut yang perlu diambil.

Juru bicara Microsoft mengonfirmasi keakuratan laporan tersebut, tapi tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Namun juru bicara perusahaan Frank Shaw mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa pada 2008, perusahaan mengetahui adanya pertukaran email tersebut yang terjadi pada tahun 2007.

Karyawan tersebut tidak membuat keluhan tentang insiden tersebut, kata Shaw kepada Journal.

Dia menggambarkan email itu memang menggoda tapi tidak ada unsur seksual dan mengatakan Gates telah membahas pertemuan dengan karyawan di luar pekerjaan.

Seorang juru bicara Gates memberikan pernyataan kepada The Verge yang berbeda dari akun perusahaan.

"Klaim ini palsu, rumor daur ulang dari sumber yang tidak memiliki pengetahuan langsung, dan dalam beberapa kasus memiliki konflik kepentingan yang signifikan," katanya.

Sedangkan pada 2019, beberapa anggota dewan Microsoft menyarankan agar Gates mengundurkan diri saat penyelidikan tentang dugaan perselingkuhan dengan seorang karyawan sedang dilakukan.

Gates mengundurkan diri dari dewan pada Maret 2020, sebelum penyelidikan selesai. Karyawan tersebut dilaporkan menulis dalam sebuah surat kepada dewan bahwa dia memiliki hubungan seksual selama bertahun-tahun dengan Gates.

Dia dan Melinda French Gates, yang telah menikah selama 27 tahun, menyelesaikan perceraian mereka pada Agustus lalu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini