Begini Tips Terhindar dari Jebakan Pinjaman Online Ilegal

Sabtu 23 Oktober 2021 22:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 54 2490698 begini-tips-terhindar-dari-jebakan-pinjaman-online-ilegal-4vqMWExgau.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PENIPUAN lewat pinjaman online ilegal perlu dihindari. Begini tipsnya agar Anda tak terjebak dalam penipuan tersebut.

Dikatakan Wesley Harjono dari GK-Plug and Play, masyarakat perlu waspada untuk menghindari penipuan berkedok pinjol ini. Dampaknya tentu sangat merugikan diri sendiri dan keluarga.

"Pinjol ilegal ini lagi ramai, masyarakat awam tentu harus hati-hati. Ketika melakukan pinjaman melalui platform ini sederhana dan ini perlu dicek yang terdaftar di OJK atau tidak," ujarnya dalam acara Expo 9.0.

Begitu pula dengan penggunaan fintech, kata Wesley, jangan lupa melakukan pengecekan terhadap legalitas. "Apakah ada di OJK dan tentunya melakukan edukasi ke masyarakat awam agar tahu."

Lebih lanjut, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pahami untuk menghindari penipuan pinjol ilegal, dikutip dari laman Instagram @kemenkominfo

1. Pinjaman online yang ilegal dilarang melakukan pemasaran melalui WhatsApp atau SMS tanpa persetujuan konsumen.

2. Jangan pernah klik tautan yang diberikan pinjaman melalui SMS atau WhatsApp.

3. Jangan tergiur penawaran pinjaman cepat tanpa agunan.

4. Blokir dan hapus nomor penawaran pinjaman online ilegal.

5. Cek legalitas pinjaman online ke OJK sebelum ajukan pinjaman.

Anda bisa cek legalitas izin pinjaman online atau fintech ke kontak OJK di 157 atau WhatsApp di 081157157157. Bisa juga melalui email konsumen@ojk.go.id dan laman www.ojk.go.id.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini