4 Modus Penipuan di Dunia Siber, Kenali dan Jangan Sampai Jadi Korbannya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 54 2490787 4-modus-penipuan-di-dunia-siber-kenali-dan-jangan-sampai-jadi-korbannya-bOdPMLXjuq.jpg Ilustrasi modus penipuan di dunia siber. (Foto: Shutterstock)

BERAGAM modus penipuan di dunia siber kerap terjadi di kalangan masyarakat. Para penjahat siber kini makin canggih dengan menggunakan berbagai cara agar para korbannya masuk jebakan yang dipasang.

Semua aksi penipuan di dunia siber biasanya berpura-pura menjadi orang atau instansi tertentu untuk mengambil data pribadi korbannya.

Baca juga: Database Pengaduan KPAI Diduga Bocor dan Dijual Online 

Jika Anda mendapat informasi tapi tidak yakin dan mencurigakan, langsung pastikan dengan cek ke situs atau akun media sosial resmi instansi yang bersangkutan.

Selain dengan terus tetap waspada, kenali juga istilah-istilah modus penipuan di dunia siber. Apa saja modus tersebut? Berikut selengkapnya, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ilustrasi penipuan di dunia siber.

1. Phising

Phising merupakan modus penipuan lewat tautan atau link. Misalnya broadcast ajakan mengisi formulir data diri untuk mendapatkan hadiah.

Baca juga: 3 Tips Atasi Smartphone Panas saat Main Game 

2. Pharming

Pharming adalah modus penipuan lewat situs atau website. Contohnya, situs web palsu yang menyerupai situs web aslinya.

3. Smishing

Smishing yakni modus penipuan lewat pesan singkat atau SMS. Seperti saat ada SMS yang berisi link untuk menerima hadiah yang jelas palsu.

Baca juga: Begini Tips Terhindar dari Jebakan Pinjaman Online Ilegal 

4. Vishing

Vishing merupakan modus penipuan lewat telepon. Biasanya modus ini mengaku dari sebuah instansi tertentu yang meminda kode OTP yang dikirimkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini