Cara Mudah Meningkatkan Performa Karyawan di Kantor dengan Aplikasi Absensi

Karina Asta Widara , Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 16 2491571 cara-mudah-meningkatkan-performa-karyawan-di-kantor-dengan-aplikasi-absensi-t57trQMPVz.jpg fOTO : Dok Freepik

Adanya aplikasi perkantoran yang semakin tinggi akan mempermudah perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap sebuah pekerjaan, tanpa terkecuali untuk bisa mengetahui aktivitas karyawan yang semakin produktif dan berkembang. Sebagai sebuah aset yang bernilai tinggi, karyawan yang bekerja untuk perusahaannya harus mampu dalam memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai seorang yang berperilaku baik dan tidak akan membuat reputasi kantor menjadi buruk atau menurun.

Di lain sisi, perusahaan pun merasa kewalahan dengan jumlah karyawan yang begitu banyak karena mereka bukan Cuma satu atau dua orang saja melainkan bisa mencapai ribuan, belum lagi jika tingkatannya berbeda, sehingga untuk melakukan pengontrolan harus dilakukan pembagian lagi dalam beberapa partisi. Maka bukan tindakan yang aneh jika sebuah perusahaan bisa mengalami kewalahan dan tidak mampu mendeteksi perilaku kurang baik atau negatif dari beberapa karyawan.

Pengendalian sikap negatif atau disebut perilaku karyawan yang menyimpang ini dengan bantuan aplikasi seperti aplikasi absensi online atau yang lainnya bentuk beragam sikap negatif karyawan bisa dilihat. Dari mulai penampilannya hingga performa di saat bekerja mampu dilihat oleh aplikasi dalam dunia kantor yang berbasis online ini. Sebuah sikap yang terkadang tidak disadari oleh pelakunya ialah terjadinya peningkatan ketidakhadiran atau absensi hingga sampai mencapai batas yang ditentukan.

Aplikasi yang merekam atau mencatat kehadiran ini bisa membantu sebuah perusahaan dalam melakukan pengendalian sikap karyawannya yang dilakukan mulai dari presensi maupun dalam melaksanakan pekerjaan dikantornya. Lalu harus melakukan apa saja agar membuat performa kerja karyawan tersebut naik?

Mengkonsultasikannya Secara Langsung

Sebelum melakukan pemanggilan langsung terhadap karyawan tersebut, akan lebih baik jika mengumpulkan data yang terekam oleh aplikasi kantor dengan basis online. Informasi tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai bukti otentik atas karyawannya yang lalai sehingga mereka tidak bisa berkelit atau menghindar. Namun, usahakan melakukan pendekatan dengan lembut atau dengan cara yang paling baik agar karyawan tidak merasa dipojokkan.

Untuk berkonsultasi mengenai masalah yang dihadapi secara langsung mampu membantu sebuah perusahaan dalam menemukan jalan keluarnya. Satu lagi yang pasti, seberat apapun masalah yang ditimbulkan oleh karyawan jangan sampai diketahui oleh karyawan yang lain.

Menciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman Dan Profesional

Suasana, situasi dan juga kondisi pun turut hadir dan sangat berpengaruh besar terhadap terbukanya sikap seorang karyawan kepada perusahaannya. Maka dari itu, pemimpin perusahaan harus mampu menciptakan suasana yang nyaman yang tidak mengurangi keprofesionalan saat melakukan diskusi dengan karyawan yang mempunyai masalah. Hindari perkataan yang mampu menimbulkan bahasa persuasif dan juga nada yang tinggi agar lawan bicara bisa berbicara terus terang tanpa ada paksaan.

Membangun Budaya Disiplin Terhadap Karyawan Kantor

Kurangnya sikap disiplin yang perusahaan terapkan untuk karyawannya sehingga memperbesar memicu terjadinya bolos. Tidak ada kata terlambat untuk menerapkannya sekarang, termasuk juga dalam mengandalkan aplikasi absensi online untuk melakukan pencatatan kehadiran karyawan perusahaan. Tingkat keakuratan yang tinggi yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut secara tidak langsung akan membangun sikap disiplin di antara para karyawan. Sehingga mampu memacu semangat mereka untuk bekerja secara tepat waktu.

Yang selanjutnya, tanyakan juga mengenai kebutuhan karyawan Anda. apa saja yang mereka perlukan untuk mampu meningkatkan produktivitas perusahaan? Namun, jika Anda menemukan karyawan yang terlalu bertele-tele dan kurang serius di dalamnya maka bersiaplah untuk bersikap tegas. Ingatkan jika kinerja karyawan tersebut selalu dipantau oleh HRD melalui aplikasi berbasis online ini.

Dan sebaliknya, berikan pujian atau reward kepada karyawan yang bekerja dengan rajin atau mampu menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Hal tersebut secara tidak langsung mampu memberikan motivasi bagi karyawan yang lain dalam bekerja lebih giat lagi.

Mampu Mengurangi Beban Dan Tekanan Di Kantor

Atmosfer kantor yang tegang juga mampu menaikkan frekuensi karyawannya dalam membolos. Anda pun perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk bisa membuktikannya. Karena karyawan yang membolos karena sebuah tekanan yang terjadi di kantor tentu nantinya akan membawa kerugian atau hal negatif lainnya bagi perusahaan.

Seorang pemimpin tentu tidak menginginkan karyawannya yang mempunyai predikat baik akhirnya memutuskan untuk pergi dan bagaimana seorang pemimpin harus mencari penggantinya? Dari alasan tersebut, sebaiknya Anda mulai mengurangi pekerjaan yang sekiranya membuat karyawan menjadi terbebani. Bahkan jika memungkinkan ajaklah mereka untuk berdiskusi membicarakan lingkungan kerja yang mendukung keoptimalan produktivitas mereka. Sebagai ide yang terbaik, perlu diadakannya refreshing selama berapa bulan sekali untuk menyegarkan pikiran mereka kembali.

Jika penerapannya dilakukan secara tepat maka bukan hanya semangat kerja karyawan tersebut kembali terbakar namun juga secara sadar mereka pun tergerak untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Menyediakan Fasilitas Yang Memadai Untuk Karyawan Kantor

Fasilitas juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk seseorang bisa bekerja di suatu perusahaan. Sayangnya tidak semua perusahaan menyadari hal tersebut dan membiarkan para stafnya bekerja tanpa mendapatkan bantuan fasilitas yang memadai. Sehingga mengakibatkan mereka memilih untuk meninggalkan perusahaan tersebut ke perusahaan yang lain.

Salah satu fasilitas yang sering dilupakan oleh perusahaan adalah fasilitas kesehatan. Entah itu fasilitas asuransi, peralatan untuk olahraga yang bisa dipergunakan di kantor. Bahkan berdasarkan beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga menyebutkan jika kinerja karyawan akan bekerja dengan lebih produktif saat mendapatkan fasilitas kerja yang memadai dibandingkan karyawannya yang tidak mendapatkan fasilitas.

Talenta by Mekari, Aplikasi Absensi Online Terbaik

Aplikasi HRIS Talenta by Mekari memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, terdapat juga fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis. Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta by Mekari dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba sekarang!

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini