Space Adventures Batalkan Penerbangan Turis Luar Angkasa

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 56 2491164 space-adventures-batalkan-penerbangan-turis-luar-angkasa-hzfdMa8j5Q.jpg Luar angkasa (Foto: Space)

RUPANYA Space Adventures telah membatalkan rencana untuk menerbangkan turis luar angkasa dengan penerbangan Crew Dragon.

Meski demikian, mereka tidak menutup kemungkinan untuk meninjau kembali proyek tersebut di masa depan, demikian dikutip dari SpaceNews.

 luar angkasa

Space Adventures mengumumkan pada Februari 2020 bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan SpaceX untuk misi Crew Dragon yang tidak akan pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sebaliknya, pesawat ruang angkasa tersebut, dengan empat pelanggan di dalamnya, akan pergi ke orbit dua kali lebih tinggi dari ISS, tinggal di sana selama lima hari sebelum kembali.

Pada saat pengumuman, Space Adventures memproyeksikan menerbangkan misi antara akhir 2021 dan pertengahan 2022.

Namun, perusahaan tersebut memberikan beberapa pembaruan tentang status misi itu setelah pengumuman, termasuk siapa yang telah mendaftar untuk penerbangan dan kapan misi akan diluncurkan.

Tom Shelley, presiden Space Adventures, mengungkapkan kepada Agence France-Presse selama kunjungan baru-baru ini ke Moskow bahwa perusahaannya tidak lagi melanjutkan misi.

“Pada akhirnya reservasi kami dengan SpaceX berakhir dan itu bukan misi yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat,” katanya.

Sementara itu, juru bicara bicara perusahaan Stacey Tearne mengonfirmasi bahwa perusahaan telah membatalkan rencana untuk misi tersebut.

“Misi ini dipasarkan ke sejumlah besar calon pelanggan kami, tetapi pada akhirnya harga, waktu, dan pengalaman tidak tepat pada waktu itu dan kontrak kami dengan SpaceX berakhir,” tuturnya.

“Kami berharap untuk meninjau kembali penawaran di masa depan," sambung pernyataan tersebut.

Space Adventures menerbangkan serangkaian astronot pribadi ke ISS mulai tahun 2001, memanfaatkan kursi terbuka yang tersedia di misi Soyuz.

Space Adventures terakhir menerbangkan pelanggan ke sana pada tahun 2009, karena kursi Soyuz digunakan secara eksklusif untuk rotasi kru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini