Marak Kasus Data Bocor, Apa Kabar RUU Perlindungan Data Pribadi?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 54 2491825 marak-kasus-data-bocor-apa-kabar-ruu-perlindungan-data-pribadi-LHTngK98iD.jpg Data bocor (Foto: Notebook check)

SAAT ini sering terjadi kasus kebocoran data di Indonesia. Sebut saja bocornya data pengguna Tokopedia, BPJS Kesehatan dan yang terbaru data dari KPAI yang dijual secara online.

Rentetan kejadian ini tentu memunculkan pertanyaan kapan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan disahkan.

Mengingat sudah banyak pihak yang mendesak pemerintah dan DPR RI agar segera membahas aturan tersebut.

data bocor

Mengenai ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan bahwa pemerintah dan DPR akan membahas RUU PDP kembali pada bulan November ini.

"RUU PDP apakah pembahasan RUU pdp akan dilanjutkan? jawabannya, iya akan dilanjutkan," ujar Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, saat ditemui di Kantor Kominfo.

Pada awal November 2021 nanti, kata Dedy, panja atau panitia kerja dari kedua belah pihak yakni pemerintah dan pihak DPR akan melanjutkan pembahasan.

"Jadi DIM atau Daftar Inventarisasi Masalah yang belum dibahas akan dilanjutkan oleh kedua panja," tuturnya.

Saat ditanya, apakah RUU PDP bisa disahkan pada tahun ini juga, Dedy menjawab akan diusahakan. "Kita akan usahakan secepatnya," ucapnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini