Pengembangan Satelit Nano Buatan Anak Bangsa Terus Didorong

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 56 2491852 pengembangan-satelit-nano-buatan-anak-bangsa-terus-didorong-kAymZQA0rF.jpg Satelit (Foto: Space)

RUPANYA Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung riset dan pengembangan satelit nano yang kini tengah di garap oleh beberapa pihak.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, satelit nano ini merupakan karya anak bangsa yang dimulai 6 tahun lalu oleh mahasiswa Universitas Surya.

"Kita mendukung secara penuh riset keantariksaan yang dicanangkan bapak presiden sebagai pengguna teknologi satelit dalam upaya transformasi digital, tentu kami mendukung riset yang dilakukan generasi bangsa kita," ujar Johnny belum lama ini.

 satelit

Satelit nano ini sekarang sedang berada di tahap uji coba akhir dan rencananya perangkat akan dikirim ke Jepang bulan Desember nanti. Kemudian akan diluncurkan pada April 2022.

Kominfo dalam proyek satelit nano berperan dalam membantu perizinan Filling Orbit satelit ke International Telecommunication Union (ITU) dan koordinasi internasianl lainnya untuk orbit satelit.

Proyek satelit ini juga melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional, melalui Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa sebagai pendamping. Sementara itu, dari sektor swasta, ada Pasifik Satelit Nusantara (PSN yang akan menyumabgnkan komponan satelit dan Organisasi Amatir Radio Indonesia atau ORARI untuk membantu riset ground segment.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini