Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 57 2492544 cara-cek-sertifikat-vaksin-covid-19-melalui-aplikasi-pedulilindungi-gqtlS8nov0.jpg PeduliLindungi (Foto: Antara)

SELAMA masa pandemi Covid-19, aplikasi PeduliLindungi telah menjadi salah satu syarat untuk bepergian bagi masyarakat yang ingin mengunjungi ruang maupun fasilitas publik.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga bisa digunakan untuk melihat sertifikat vaksin, apabila seseorang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Merangkum dari laman resmi Covid-19.go.id, Rabu (27/10/2021) cara mengecek sertifikat vaksin sangat mudah dan cepat.

 pedulilindungi

Seseorang hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana, dan sertifikat vaksin Covid-19 akan langsung dapat dilihat. Berikut langkahnya:

1. Buka situs https://pedulilindungi.id/

2. Isilah nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK) yang diminta.

3. Centang kolom captcha "I'm not a robot"

4.Klik "Periksa" dan status vaksin Covid-19 akan muncul.

Apabila seseorang telah divaksin, secara otomatis sertifikat vaksin sudah termuat dalam sistem. Namun, jika belum, Anda bisa menunggu selama 7-10 hari setelah vaksin.

Bila sertifikat vaksin tidak tersedia , maka hubungi Call Center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan. Pelu diketahui, masyarakat dilarang mengumbar data apapun sertifikat vaksinasi sembarangan atau ke publik.

Sebab, ada banyak data pribadi berharga dalam sertifikat tersebut yang dapat disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini