TikTok, Snapchat dan YouTube Dicecar Parlemen AS Soal Keamanan Pengguna Remaja

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 57 2493134 tiktok-snapchat-dan-youtube-dicecar-parlemen-as-soal-keamanan-pengguna-remaja-AkukiwKes2.jpg Tiktok (Foto: Tech The Lead)

RUPANYA TikTok, Snapchat dan YouTube, serta semua platform media sosial yang populer di kalangan remaja, mendapat rentetan pertanyaan dan tuduhan dari anggota parlemen AS.

Dikutip dari Washington Post, Kamis (28/10/2021), para senator AS ingin perusahaan teknologi membuat lebih banyak aksi untuk melindungi anak-anak secara online.

 Youtube

Masalah ini mencuat dalam beberapa minggu terakhir karena puluhan ribu halaman dokumen internal Facebook telah diungkapkan oleh seorang pelapor.

Eksekutif dari ketiga perusahaan mengatakan akan berkomitmen untuk berbagi penelitian internal tentang bagaimana produk mereka memengaruhi anak-anak.

Ini adalah pertama kalinya TikTok dan Snap (perusahaan induk Snapchat), bersaksi di depan badan legislatif.

Sebaliknya, perwakilan Facebook telah bersaksi 30 kali dalam empat tahun terakhir, dan eksekutif Twitter termasuk CEO Jack Dorsey telah bersaksi di Capitol Hill sebanyak 18 kali.

Sidang yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh Senator Richard Blumenthal (D-Conn.) di depan panel perlindungan konsumen Komite Perdagangan Senat, membahas bagaimana data anak-anak dilindungi secara online.

Fitur seperti putar otomatis dan "suka" dibahas dan disebut memengaruhi pengalaman remaja, dan apa yang dilakukan perusahaan untuk membersihkan situs mereka dari perilaku berbahaya termasuk penindasan dan penjualan narkoba.

Tidak jelas persis data apa yang disetujui perusahaan untuk diungkapkan dan apakah mereka akan mengungkapkan penelitian baru yang mereka lakukan atau tidak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini