Menkominfo Sebut 2 Hal Ini Jadi Tantangan Jurnalis TV di Era Digital

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2021 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 54 2493955 menkominfo-sebut-2-hal-ini-jadi-tantangan-urnalis-tv-di-era-digital-KG0skTHvSU.jpg Menkominfo Johnny G Plate (Foto : Kominfo)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut ada tantangan tersendiri bagi para jurnalis televisi (TV) di era teknologi digital.

"Pertama adalah persaingan usaha di era disrupsi digital dan yang kedua independensi jurnalis dalam pelaksanaan tugasnya," ujarnya saat Pembukaan Kongres VI Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) secara virtual, Jumat (29/10/2021).

Menkominfo

Johnny mengatakan, kehadiran jurnalis termasuk jurnalis televisi yang independen merupakan pilar penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

Ia juga menyoroti pemanfaatan distribusi konten jurnalisme televisi turut menggunakan kanal-kanal streaming online dan media sosial yang bergantung pada algoritma platform tersebut.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Menkominfo Ajak Masyarakat Lebaran via Aplikasi Digital

Jika sebelumnya konten televisi sangat bergantung pada rating, kehadiran algoritma yang mengkurasi konten pada platform sesuai preferensi pengguna, berpotensi mempengaruhi kualitas konten jurnalisme yang perlu menyesuaikan preferensi pengguna yang mengakses platform tersebut untuk mendapatkan kompensasi atas konten yang diakses oleh pengguna.

Oleh karena itu, ia mendorong jurnalisme pertelevisian mewaspadai pengaruh algoritma tersebut pada independensi kegiatan jurnalisme yang dilakukan.

"Itu merupakan sedikit dari beragam hal yang kini mempengaruhi independensi jurnalisme insan pers di era digital," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini