Waspada Ada Squid Game Palsu Berisi Virus Trojan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 31 326 2494385 waspada-ada-squid-game-palsu-berisi-virus-trojan-WLxGdsCbTA.jpg Squid game (Foto: TV guide)

RUPANYA lebih dari sebulan setelah perilisannya, Squid Game, serial tv drama survival Korea Selatan, menjadi serial populer Netflix, dengan lebih dari 111 juta penonton.

Seiring dengan popularitasnya, ada ancaman siber yang juga turut mengintai.

Dalam keterangan tertulis Kaspersky, Sabtu (30/10/2021), mengatakan bahwa pelaku kerap kali kejahatan siber memanfaatkan tren yang sedang naik daun dengan menciptakan skema penipuan yang bisa bikin pengguna rugi besar.

 virus

Dari periode September hingga Oktober ini, pakar keamanan Kaspersky menemukan beberapa lusin file berbahaya yang berbeda di web, dan berkedok dengan menggunakan nama Squid Game alias yang palsu.

Dalam sejumlah kasus yang dianalisis, Kaspersky menemukan pengunduh Trojan yang dapat menginstal program berbahaya. Selain itu, ditemukan juga Trojan dan adware lainnya.

Perusahaan asal Rusia itu mengungkapkan, modus pelaku kejahatan siber yakni dengan korban diperlihatkan versi animasi game pertama dari seri serial dan secara bersamaan sebuah Trojan diluncurkan tanpa terlihat, sehingga dapat mencuri data dari berbagai browser pengguna dan mengirimkannya kembali ke server penyerang.

Pintasan (shortcut) juga dibuat di salah satu folder, yang dapat digunakan untuk meluncurkan Trojan setiap kali sistem dijalankan.

Kaspersky juga menemukan mobile malware yang mengeksploitasi ketenaran ‘Squid Game’. Bukan unduhan file Squid Game yang didapatkan, pengguna justru mengunduh Trojan.

Saat aplikasi diluncurkan pada perangkat, ia meminta server kontrol untuk menyelesaikan tugasnya. Ini misalnya bisa berupa, membuka tab di browser atau mengirim SMS ke nomor yang diterima dari server kontrol.

Trojan ini disalurkan di toko aplikasi tidak resmi dan berbagai portal dengan kedok aplikasi, game, buku populer, dan lainnya.

Kaspersky juga mendapati toko palsu yang menjual kostum Squid Game yang muncul jelang momen Halloween.

Namun saat pengguna belanja, justru itu akan kehilangan uang mereka dan tidak mendapatkan barang yang diinginkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini