Astronot Tak Bisa Gunakan Toilet di Kapsul SpaceX Lagi, Kenapa?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 01 November 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 56 2494851 astronot-tak-bisa-gunakan-toilet-di-kapsul-spacex-lagi-kenapa-Hdw2qC2yF0.jpg Luar angkasa (Foto: Space)

RUPANYA astronot yang akan kembali ke Bumi tidak bisa menggunakan toilet yang ada di kapsul SpaceX Dragon.

Dilansir dari Space, Senin (1/11/2021) pejabat NASA mengatakan bahwa toilet SpaceX di Crew Dragon Endeavour akan dilarang digunakan bagi empat astronot misi Crew-2 berikutnya, begitu mereka meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal November.

 astronot

Penyebabnya karena adanya kemungkinan kebocoran kantong urin di toilet seperti yang terlihat di penerbangan sipil Inspiration4 pada September lalu.

SpaceX sejak itu mendesain ulang toiletnya untuk menghindari kebocoran pada penerbangan masa depan.

“Tujuan kami adalah untuk tidak menggunakan sistem sama sekali untuk perjalanan pulang karena apa yang telah kita lihat dengan cairan yang kita bicarakan,” ujar Steve Stitch, manajer NASA’s Commercial Crew.

Peluncuran astronot Crew-3 sendiri telah ditetapkan untuk pekan depan. “Kami memiliki cara lain untuk memungkinkan kru melakukan aktivitas yang mereka butuhkan,” kata Stitch.

Karena tidak bisa menggunakan toilet, para crew menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan pakaian dalam. Alat pengelolaan 'limbah'' ini telah lama digunakan para astronot untuk buang air kecil saat mengenakan pakaian luar angkasa di waktu peluncuran, pendaratan, atau perjalanan luar angkasa.

Para astronot yang kembali ke Bumi dalam misi Crew-2 adalah Shane Kimbrough dan Meghan McArthur dari NASA, astronot Japan Aerospace Exploration Agency Akihiko Hoshide dan astronot Thomas Pesquet dari European Space Agency.

Mereka diluncurkan ke stasiun pada bulan April lalu dan direncanakan untuk kembali ke Bumi pada 4 November.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini