Meta Rancang Kulit Sintetis untuk Robot, Guna Wujudkan Metaverse

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 57 2495631 meta-rancang-kulit-sintetis-untuk-robot-guna-wujudkan-metaverse-vUDTi4xdkA.jpg Metaverse (Foto: Fossbytes)

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan telah merancang kulit sintetis baru untuk robot yang dapat membantu membangun metaverse perusahaan.

Ini merupakan kolaborasi pengembangan dengan Carnegie Mellon Universitty. Benda ini memungkinkan robot bisa merasakan objek untuk mengetahui seberapa banyak atau sedikit kekuatan yang harus digunakan untuk melakukan tugas, seperti menggenggam atau memindahkan objek kecil.

 membuat kulit sintetis

Kulitnya memiliki ketebalan hingga tiga milimeter dan dapat digunakan untuk lebih dari 50.000 interaksi dan sementara memiliki resolusi temporal yang tinggi hingga 400Hz dan resolusi spasial satu milimeter dengan akurasi 90 persen. ReSkin juga tidak mahal untuk produksinya.

 Baca juga: Perjalanan Facebook hingga Berganti Nama Meta

Abhinav Gupta, seorang ilmuwan peneliti di Meta, mengatakan bahwa robot yang dapat merasakan akan membantu mesin memahami apa yang dilakukan manusia.

"Kita dapat untuk pertama kalinya mencoba memiliki pemahaman yang lebih baik tentang fisika di balik objek," kata Gupta, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (2/11/2021).

Ia menambahkan robot yang dapat merasakan seperti itu akan membantu visi perusahaan untuk membangun metaverse.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini