Dampak Kekurangan Chip, Produksi Switch Menurun 20%

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 54 2495898 dampak-kekurangan-chip-produksi-switch-menurun-20-i8fvdBseqF.jpg Chip (Foto: Extreme tech)

RUPANYA kekurangan chip global berdampak hampir ke semua bidang teknologi dan efeknya pada perangkat elektronik tampaknya tidak akan berkurang dalam waktu dekat.

Nintendo hanyalah salah satu merek yang terus menderita karena kekurangan tersebut.

 chip

Berdasarkan laporan dari Nikkei Asia, dikutip dari The Verge, Rabu (3/11/2021) Nintendo sampai harus memangkas jumlah Switch yang diproduksinya dan jauh dari proyeksi asli sebesar 20 persen.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Nintendo hanya bisa menyediakan 24 juta unit hingga akhir Maret.

Baca juga: Pasokan Chip Kembali Terganggu Akibat Melonjaknya Kasus Covid-19

Sementara Nintendo menyatakan bahwa kekurangan chip tidak menyebabkan Switch OLED kehilangan dukungan video 4K, tekanan tersebut dapat membuat perusahaan tidak memenuhi proyeksi terbarunya.

Nikkei Asia melaporkan bahwa alih-alih memproduksi 30 juta Switch yang awalnya direncanakan, Nintendo hanya akan mengeluarkan 24 juta unit pada akhir Maret, jumlahnya kurang dari 25,5 juta yang diberikan kepada investor pada Mei.

Dalam sebuah pernyataan singkat, juru bicara Nintendo mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa mereka menyadari kekurangan semikonduktor, dan mereka sedang mengevaluasi dampak pada produksinya.

Seperti yang dicatat Nikkei Asia, Switch mengalami penurunan 37 persen dalam penjualan September ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Permintaan Switch meningkat pesat di tengah pandemi COVID-19, karena orang-orang mencari cara untuk tetap sibuk saat tinggal di rumah.

Switch mengambil tempat sebagai konsol terlaris di AS dari 2019 hingga awal 2021, hanya untuk dikalahkan oleh PS5, yang menjual lebih sedikit unit daripada Switch.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini