Manusia Berperan Penting Dalam Inisiatif Keamanan Siber

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 54 2496766 manusia-berperan-penting-dalam-inisiatif-keamanan-siber-uv9S1lJpyT.jpg Menjaga keamanan siber dari serangan (Foto: Woodstock sentinel review)

RUPANYA ada beberapa sorotan atau highlight dalam sistem keamanan siber atau cyber security di MNC. Head of Digital Security MNC Group Alfian mengatakan, salah satunya adalah user yang di mana terkait dengan manusia.

Menurutnya, people atau manusia adalah penentu baik tidaknya sebuah teknologi. Sebab secanggih apapun teknologinya, tapi manusianya tidak siap, apapun inisiatif security tidak akan terlaksana dengan baik.

 MNC's cyber security

"Kita mungkin punya sistem atau punya teknologi terbaru, apapun itu produknya tapi kalau people development itu tidak kita siapkan ini akan menjadi missing link di insiatif security," ujarnya saat mengisi MNC-eFest 2021 secara virtual, Kamis (4/11/2021)

Dari sisi people atau manusia, inilah yang menurutnya paling sulit untuk dikontrol, apalagi ada klien atau nasabah jika bicara pada sektor keuangan.

Untuk awareness atau pengetahuan dilakukan melalui internal terlebih dahulu. Bagaimanapun, tim internal perlu paham tentang siber security, apa yang boleh dan tidak dilakukan. Terutama saat menerima menerima email yang memang ternyata mencurigakan.

 Baca juga: Mengenal Mustang Panda, Kelompok Hacker China yang Diduga Jebol Keamanan Siber RI

"Nah itu kita lakukan awareness campaign. Awareness campaign kita lakukan tidak hanya di media tertulis tapi kita juga lakukan dengan menggunakan animasi dan video yang kita sebar di videotron di lingkungan MNC sendiri," ungkap Alfian.

Kemudian dari sisi user yang lain, MNC juga bekerjasama dengan para komunitas dengan melakukan community alignment.

Karena kata Alfian, dalam dunia keamanan siner semuanya terhubung. Sekali merilis apapun ke publik, semua akan terhubung dan butuh partnership dari para komunitas yang ada.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini