Pengguna Zoom Gratis Akan Disodori Iklan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 57 2496566 pengguna-zoom-gratis-akan-disodori-iklan-tR2DJkQeRn.jpg Zoom meeting (Foto: Avenidas)

RUPANYA Zoom sedang menguji coba menampilkan iklan pada pengguna gratis. Kebijakan baru ini perusahaan sampaikan dalam sebuah postingan blog.

Dikutip dari The Verge, Kamis (4/11/2021), iklan disebut akan muncul di halaman browser yang ditampilkan kepada pengguna di akhir panggilan.

 zoom meeting

Zoom mengatakan, iklan sedang diluncurkan untuk pengguna gratis di negara-negara tertentu saja, meskipun posting blognya tidak merinci secara pasti negara mana saja.

Pengguna dengan layanan Dasar atau gratis hanya akan melihat iklan jika mereka bergabung dengan rapat yang diselenggarakan oleh pengguna tingkat dasar lainnya.

Meskipun iklan tidak akan ditampilkan selama rapat itu sendiri, ini masih menjadi perubahan besar yang berpotensi untuk layanan konferensi video.

Zoom biasanya hanya memberlakukan pembatasan kecil pada tingkat gratisnya, yang membantu layanan ini meledak popularitasnya tahun lalu karena orang-orang di seluruh dunia mulai beradaptasi bekerja dan bersosialisasi dari rumah karena pandemi Covid-19.

Bahkan enkripsi ujung-ke-ujungnya, yang awalnya dikatakan Zoom akan terbatas pada pengguna berbayar, akhirnya datang ke pengguna gratis.

Hingga saat ini, bisa dibilang batasan terbesar pada tingkat gratis Zoom adalah batas durasi panggilan grup selama 40 menit.

Namun Kepala Pemasaran Zoom Janine Pelosi menulis bahwa mereka perlu mulai menampilkan iklan untuk membantu perusahaan mendukung investasi dan terus memberikan akses gratis ke platform kami yang kuat kepada pengguna Basic.

“Perubahan ini memastikan bahwa pengguna Basic gratis kami dapat terus terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega dengan platform kuat yang sama seperti yang selalu kami tawarkan,” tulis Pelosi.

Zoom menekankan bahwa perusahaan tidak akan menggunakan rapat, webinar, atau konten perpesanan khususnya, audio, video, file, dan pesan untuk menargetkan iklan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini