Imbas Kelangkaan Komponen, Pengiriman Smartphone Global Turun

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 57 2496576 imbas-kelangkaan-komponen-pengiriman-smartphone-global-turun-ut0QV45mzc.jpg Pengiriman smartphone (Foto: Imore)

MENURUT laporan terbaru dari lembaga riset International Data Corporation (IDC) menyebutkan, pada kuartal ketiga (Q3) 2021, pengiriman smartphone global turun 6,7% year-on-year (YoY)

Menurut data awal dari IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, vendor smartphone mengirimkan total 331,2 juta unit selama periode tersebut.

 smartphone

Nabila Popal, selaku direktur riset Mobility and Consumer Device Trackers IDC, mengungkap, penurunan pada Q3 ini disebabkan karena rantai pasokan dan kelangkaan komponen yang akhirnya berimbas pada pasar ponsel secara global.

Baca juga: Daftar 5 Ponsel Termahal dan Termurah 2021, Apa Saja?

"Masalah sekarang telah diperparah dengan kekurangan komponen yang sudah mempengaruhi semua vendor," ujarnya dikutip dari ketarangan IDC di laman resminya, Kamis (4/11/2021).

Selain kekurangan komponen, industri juga dilanda tantangan manufaktur dan logistik lainnya. Kebijakan pengujian dan karantina yang lebih ketat menunda transportasi dan kendala pasokan listrik di China sehingga membatasi pembuatan komponen utama.

Terlepas dari semua upaya untuk mengurangi dampaknya, semua target produksi vendor utama untuk kuartal keempat telah disesuaikan.

Meskipun hampir semua wilayah mengalami penurunan pengiriman selama Q3 2021, tingkat keparahan dampaknya bervariasi antar wilayah.

Eropa Tengah dan Timur (CEE) dan Asia/Pasifik (tidak termasuk Jepang dan Cina) (APeJC) mengalami penurunan terbesar sebesar -23,2% dan -11,6% dari year-on-year.

Namun, di wilayah seperti A.S., Eropa Barat, dan China, penurunannya jauh lebih kecil di -0,2%, -4,6%, dan -4,4% dari tahun ke tahun, karena wilayah ini biasanya lebih diprioritaskan oleh vendor.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini