Ini 5 Tips untuk Melindungi Perangkat dari Serangan Ransomware

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 54 2497141 ini-5-tips-untuk-melindungi-perangkat-dari-serangan-ransomware-EcklWAP1uF.jpg Serangan ransomware (Foto: Tiger mobiles)

DI era yang serba digital ini semakin banyak membuka banyak peluang bagi para penjahat siber.

Kejahatan siber menjadi ancaman tersendiri bagi para pengguna internet. Serangan siber pun semakin beragam, salah satunya adalah ransomware yang sangat merugikan.

 serangan siber

Data para korban bisa dikunci peretas sehingga tidak bisa dibuka. Biasanya pelaku menuntut korbannya untuk membayar tebusan uang agar file yang dikunci bisa kembali.

Tak perlu panik karena ada beberapa tips yang dapat melindungi perangkat dari serangan ramsomware. Dikutip dari unggahan Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),Jumat (5/11/2021), berikut selengkapnya.

1. Backup data baik berupa file atau dokumen penting secara teratur dan berkala di layanan cloud computing ataupun hard drive eksternal. Gunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor.

2. Waspada terhadap email, aplikasi pesan, media sosial atau forum online yang masuk. Situs web terinfeksi dan lampiran email merupakan tempat paling umum untuk sarang ransomware.

Pastikan email tidak terdapat pesan yang memiliki sumber bahaya potensial.

3. Update software tepat waktu juga menjadi hal penting dilakukan. Aktifkan update otomatis dan periksa update secara teratur untuk aplikasi yang tidak diperbarui secara otomatis.

4. Hindari mengunjungi situs web mencurigakan. Jika sempat mengklik banner iklan tapi situs web tidak muncul ataupun tiba-tiba situs tersebut mengunduh sesuatu segera tutup halaman tersebut dan batalkan unduhan.

 Baca juga: Ancaman Siber yang Paling Sering Dihadapi, Salah Satunya Remote Code Execution

5. Matikan fitur file sharing atau berbagi file jika sering menggunakan perangkat di jaringan yang berbeda. Hindari semaksimal mungkin memberikan hak izin full sharing ke sebuah jaringan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini