Pakar: Perlu Ada Aturan yang Lindungi Masyarakat di Platform Global

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 06 November 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 54 2497541 pakar-perlu-ada-aturan-yang-lindungi-masyarakat-di-platform-global-D32CVDdHLK.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

LITERASI digital memang menjadi hal penting di era kemajuan teknologi seperti saat ini. Untuk meningkatkan literasi digital ini perlu dilakukan bersama-sama, salah satunya oleh pemerintah Indonesia.

Menurut Akademisi sekaligus Pakar Digital Marketing Firman Kurniawan, pemerintah dalam hal ini melakukan sosialisasi pendidikan pelatihan kepada warga negara. Sehingga mulai memahami data dan informasi yang baik seperti apa.

Firman Kurniawan

Baca Juga : Platform Karier.mu Hadir Guna Dukung Program Kartu Prakerja

Di satu sisi, upaya di level yang lebih tinggi lagi, negara harus membuat Undang-Undang untuk melindungi masyarakat. Agar masyarakat Indonesia tidak hanya dijadikan pasar dari platform global saja.

"Seperti Facebook, Youtube, Twitter dan sebagainya itu yang mereka hanya mementingkan trafik, mereka hanya mementingkan jumlah dari penggunaan jam, penggunaan perangkat digital dimana mereka untung dari iklan," ujarnya saat mengisi MNC Tech Forum, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga : Facebook Siap Kurangi Berita Politik di Platform-nya

Ada implikasi yang merugikan bagi masyarakat yang di mana harus ditegakan dengan Undang-Undang. Ia merasa pada bagian aturan yang bisa mengatur platform global inilah yang belum cukup kuat di Indonesia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini