Mau Pakai Nama Meta, Facebook Harus Bayar Rp286 Miliar

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 54 2497901 mau-pakai-nama-meta-facebook-harus-bayar-rp286-miliar-lQYOeFPiw4.jpg Facebook memiliki nama baru jadi Meta. (Foto: Shutterstock)

BOS Facebook Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan nama baru untuk induk perusahaan raksasanya itu. Nama baru tersebut adalah Meta. Tapi sayangnya, pemberian nama ini menemui masalah serius. Pasalnya, nama Meta sudah dipakai perusahaan lain. Facebook pun terancam mendapat tuntutan dari pihak yang mengklaim lebih dulu menggunakan nama Meta.

Perusahaan yang telah menggunakan nama tersebut lebih dulu adalah Meta PC. Itu merupakan perusahaan yang memasarkan perangkat komputer, laptop, serta perangkat lunak untuk para gamer. Demikian dikutip dari Solopos, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Meta Rancang Kulit Sintetis untuk Robot, Guna Wujudkan Metaverse 

Bos Facebook Mark Zuckerberg umumkan nama baru Meta.

Nama penyuplai perangkat komputer itu telah mendaftarkan merek dagang Meta PC pada Agustus 2021. Meskipun, pendaftaran nama tersebut belum diterima secara resmi. Walau demikian, bos perusahaan penyuplai komputer itu rela jika Facebook menggunakan nama merek Meta, namun ada syaratnya.

CEO Meta PC Xack Shutt mengatakan pihaknya rela nama tersebut dipakai asal Meta membayar USD20 juta atau sekira Rp286 miliar. Alasan Xack merelakan nama perusahaannya dipakai pengganti nama induk perusahaan Facebook sangat rasional.

Baca juga: Meta Perketat Penanganan Misinformasi Seputar Vaksin bagi Anak 

Xack mengaku nama Meta perusahaan penyuplai komputer miliknya bakal kewalahan berkompetisi dengan Meta yang dipakai untuk induk perusahaan Facebook. Facebook belum menanggapi masalah ini. Belum jelas tuntutan tersebut sudah dilayangkan Meta PC ke Meta Facebook atau belum.

Baca juga: Facebook Jadi Meta, WhatsApp Ganti Nama Juga? 

Bos Facebook Mark Zuckerberg sendiri telah resmi mengumumkan nama induk perusahaannya berganti menjadi Meta. Dia menegaskan perubahan ini diikuti dedikasi mewujudkan mimpi yang diharapkan semua orang pada masa depan.

Pengumuman itu disiarkan langsung melalui akun Facebook Reality Labs pada Jumat 29 Oktober 2021. Zuckerberg mempresentasikan visi Meta sebagai teknologi menjawab kebutuhan sosial masa depan. "Saya percaya teknologi akan membawa kehidupan lebih baik. Ini masa depan yang kita inginkan," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Shinta VR, Metaverse Asal Indonesia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini